Tips Membangunkan Bayi Saat Tidur


Baby AE - Hai Moms, di saat melihat si kecil tertidur pulas rasanya tidak tega untuk membangunkannya. Namun, dalam beberapa kondisi kita harus membangunkan bayi dari tidurnya, contohnya saat harus mengikuti jadwal menyusui atau makan yang disarankan dokter. Nah, di saat membangunkan si kecil harus ada alasan kuat untuk membangunkannya. Dalam membangunkannya pun harus dilakukan secara perlahan agar si kecil tidak kaget atau menangis. Berikut tips membangunkan bayi yang tertidur:

1. Memijat bayi

Memijat bayi bisa membantu mengatasi masalah perut dan memperkuat ikatan antara Moms dengan si kecil. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangunkan si kecil yang sedang tertidur. Moms perlu memberikan beberapa pijatan lembut agar si kecil terbangun, itu lebih baik daripada membuat si kecil terkejut.


2. Mengganti popok bayi

Mungkin saja si kecil perlu mengganti popok saat tidur siang, oleh karena itu gantilah popoknya saat ia masih dalam keadaan tidur. Dalam hal ini, kemungkinan si kecil untuk bergerak-gerak atau berontak menjadi lebih kecil. Mengganti popok juga bisa mendorong si kecil untuk mulai terbangun dari tidurnya.

3. Menciptakan suara yang menenangkan

Moms bisa membuat suara yang menenangkan agar si kecil bangun, misalnya bernyanyi, berbisik, atau berbicara dengan nada lembut.

4. Membuka bedong

Membedong si kecil dilakukan dengan melilitkan selimut kecil atau kain pada tubuh bayi untuk memberinya kehangatan. Si kecil yang dibedong akan merasa nyaman hingga tertidur. Nah, untuk membangunkan si kecil yang dibedong kita bisa membuka selimut atau kain yang membalutnya. Tetapi, pastikan kita membuka bedong secara perlahan dan amati pergerakan si kecil sampai benar-benar terbangun.


5. Meningkatkan cahaya lampu

Menyentuh tubuh si kecil untuk membuatnya bangun malah menyebabkan ia enggan bangun. Moms bisa meningkatkan cahaya lampu yang bisa diredupkan setiap beberapa menit. Trik ini mencontoh sinar mattahari yang perlahan semakin terang sampai memicu orang yang tertidur untuk bangun. Namun, Moms perlu bersabar karena pada si kecil cara ini memerlukan waktu lebih lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membangunkan Bayi Saat Tidur"

Posting Komentar