Cara Menghentikan ASI Secara Alami Saat Menyapih Anak


Baby AE - Hai Moms, kalian pasti sering galau karena menyapih anak, hal ini bertujuan untuk mengajarkan anak tentang kemandirian. Selain itu, ada beberapa alasan seperti takut akan rasa tidak nyaman karena payudara membengkak yang terus menghantui, Moms. Memang di awal menyapih, ASI akan tetap diproduksi karena respons tubuh dalam proses adaptasi penyapihan.

Nah, di awal menyusui payudara masih memproduksi ASI, hal ini bisa membuat payudara membengkak. Moms yang sering menyusui pasti sering menyusui kembali si kecil karena ASI terus mengalir. Hal itu akan membuat ASI terus diproduksi dan payudara akan semakin membengkak. Oleh karena itu, Moms perlu menyapih secara bertahap untuk menghindari payudara membengkak dan mengurangi risiko saluran tersumbat, serta mencegah infeksi saluran susu di payudara. 

Untuk mengatasi hal tersebut Moms bisa memilih bra yang tepat untuk mencegah tekanan tambahan pada payudara yang sensitif. Tak hanya itu, Moms perlu menghentikan ASI secara alami saat menyapih anak, sebagai berikut:


1. Teh Sage

Teh sage mengandung bentuk alami estrogen yang bisa membantu menghentikan ASI secara alami. Moms disarankan mengonsumsinya dengan merendam satu sendok teh dalam secangkir air panas selama 15 menit. Lalu, minum satu gelas teh sage etiap 6 jam untuk hasil yang lebih baik. Selain itu, bisa ditambahkan sedikit madu, gula, atau pemanis lainnya.

2. Dekongestan

Dekongestan ini bekerja dengan membuka saluran dan mengeringkan lendir yang diproduksi. Biasanya Moms tidak disarankan menggunakan ini saat menyusui karena cenderung mengeringkan cairan tubuh termasuk ASI. Hal ini menjadi metode pilihan untuk Moms saat menyapih ASI karena sangat membantu dalam mengeringkan ASI dengan cepat.


3. Pil KB

Dokter mungkin saja telah memastikan memberikan Moms pil KB versi progestin saat Moms telah minum pil KB saat menyusui. Hal ini menjadi pilihan dalam mengendalikan kelahiran berbasis estrogen yang telah dikaitkan dengan suplai ASI yang rendah pada ibu menyusui. Jika ASI tidak mengering dengan cepat sesuai yang Moms inginkan, lebih baik Moms beralih ke kontrasepsi berbasis estrogen lainnya untuk mempermudah prosesnya.

4. Jangan tergoda memompa ASI

Saat payudara membengkak, Moms bisa saja memiliki keinginan untuk memompa ASI di antara sesi menyusui guna mengurangi rasa sering. Namun, hal ini perlu dihindari karena bisa menyebabkan efek yang tak jauh beda dengan menyusui pada tubuh, di mana hal ini akan mengirimkan sinyal permintaan Memproduksi ASI. Sehingga, waktu penurunan ASI Moms menjadi lebih lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghentikan ASI Secara Alami Saat Menyapih Anak"

Posting Komentar