Penyebab Ovulasi dan Cara Menanganinya



Baby AE - Hai Moms, buat Moms yang sering mengeluhkan nyeri panggul dan kram pasti tidak asing lagi dengan istilah ovulasi. Ovulasi merupakan salah satu proses yang terjadi dalam siklus menstruasi pada wanita. Ovulasi terjadi saat foliker telur yang matang pecah dan dilepaskan melewati tuba falopi menuju rahim untuk mendapatkan pembuahan. 

Nah, Moms yang lagi hamil sering mengalami rasa nyeri selama kehamilan. Biasanya ini berlangsung selama dua minggu setelah hari pertama haid terakhir. Nyeri karena ovulasi ini bisa bervariasi, dari rasa sakit ringan sampai parah. Nyeri panggul ini sering terjadi dan ada beberapa penyebabnya yang perlu ditangani. Biasanya ini dikarenakan ketidaknyamanan yang dirasakan wanita saat sel telur dilepaskan dari ovarium.

  • Penyebab Ovulasi
Ovulasi yang biasanya terjadi selama dua pekan ini dikarenakan perubahan hormonal yang merangsang ovarium untuk melepaskan sel telur. Proses inilah yang membuat kita sering merasa tidak nyaman. Darah atau cairan yang keluar dari folikel yang pecah bisa membuat lapisan perut iritasi dan menimbulkan rasa sakit. Kadang terjadi perdarahan dari folikel ovarium yang pecah dan bisa dilepaskan ke panggul sehingga memicu iritasi pada lapisan perut dan panggul.
  • Gejala Ovulasi
Gejala ovulasi biasanya adalah rasa nyeri atau kram di satu sisi perut bagian bawah, selain itu bisa juga mual atau pendarahan ringan, bahkan muncul flek. Namun, Moms tak perlu khawatir karena gejala ini biasanya hanya berlangsung 6-8 jam. Nyeri ovulasi bisa bertahap atau tiba-tiba terasa sakit. Oleh karena itu, Moms perlu mencatat waktu saat merasakannya, penjelasan tentang rasa nyerinya, dan gejala lain yang terjadi. Hal ini untuk mempermudah Moms saat mengkonsultasikannya dengan dokter.

  • Cara Menanganinya
1. Beri pijatan

Nah, saat mengalami ini Moms bisa menekannya lembut atau memberikan pijatan pada perut yang bisa membantu meredakan distensi gas. Sebab, panas bisa mengendurkan otot yang tegang, meredakan kram, meningkatkan aliran darah. Oleh karena itu, Moms bisa memberi pijatan sambil berendam di bak mandi air hangat.

2. Paparkan suhu hangat

Moms bisa mengompres perut dengan air hangat atau bantal panas untuk mengurangi ketidaknyamanan Moms karena rasa nyeri ovulasi.

3. Konsumsi obat tertentu

Obat pereda nyeri seperti obat antiinflamasi, misalnya ibuprofen atau naproxen sodium bisa meredakan nyeri. Namun, jangan mengonsumsinya saat perut kosong.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Ovulasi dan Cara Menanganinya"

Posting Komentar