Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Popok Bayi


Baby AE - Hai Moms, mengganti popok si kecil memang cukup menghabiskan popok sekali pakai, biasanya sehari bisa mennggunakan lebih dari sepuluh popok. Oleh karena itu, mengganto popok menjadi kegiatan yang cukup menyita waktu dan merepotkan Moms. Apalagi memakaikan popok tidak semudah yang dilihat, Moms sendiri kadang melakukan kesalahan karena harus mengurusi yang lain selain mengganti popok si kecil. Nah, biasanya Moms melakukan kesalahan saat mengganti popok seperti berikut:
1. Memasang popok terlalu ketat

Di saat Moms memasang popok terlalu ketat akan muncul guratan bekas popok di perut dan paha si kecil. Moms perlu merenggangkan perekat popok atau mengganti popok si kecil dengan ukuran yang lebih besar. Jika perut dan kaki menampakkan ruam berarti kulit si kecil sensitif dengan bahan yang digunakan pada popok tersebut, jadi gantilah popoknya dengan merek lain.


2. Memasukkan tali pusat si kecil ke dalam popok

Jika tali pusat bayi masuk ke dalam popok, sebaiknya lipat garis pinggang popok ke bawah agar area tersebut tetap kering. Lalu, saat tali pusat lepas untuk mencegah iritasi lipatlah garis pinggang ke bawah.

3. Tidak menyiapkan popok lebih dulu

Jika popok jauh dari jangkauan, Moms harus meninggalkan si kecil untuk mengambil popok. Moms tidak tahu apa yang terjadi saat itu, sangat berbahaya jika si kecil berguling dan lain-lain. Oleh karena itu, siapkan popok lebih dulu dan jangan meninggalkan si kecil sendirian tanpa penghalang di tempat tidutnya.

4. Membersihkan kemaluan bayi dari belakang ke depan


Nah, Moms harus membersihkan urin atau feses si kecil dengan cotton bud, tisu basah, atau kapas dengan menyapu dari arah depan ke belakang atau dari kemaluan ke anus. Sebab, jika sebaliknya terlebih pada bayi perempuan akan membuat bakteri menyebar dan hal ini memicu infeksi saluran kencing.

5. Tidak mencuci tangan setelah mengganti popok bayi

Jika Moms tidak segera mencuci tangan setelah mengganti popok si kecil, kuman bisa menyebar ke tangan Moms dan mengenai benda lain yang Moms pegang. Selain itu, setelah mengganti popok segera buang ke tempat sampah. Hal ini mencegah tempat sampah menjadi bau dan mencegah bakteri berkembang biak di sana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Popok Bayi"

Posting Komentar