Kenali Manfaat dan Bahaya Memakai Korset untuk Ibu Hamil


Baby AE - Hai Moms, pasti sudah kenal dengan penyangga perut yang digunakan Moms saat hamil yang biasa disebut dengan korset. Umumnya korset digunakan setelah melahirkan untuk mengembalikan bentuk tubuh dan dianggap bisa membantu merenggangkan otot punggung yang nyeri. Bahkan, lebih  sering dianggap berguna untuk membuat tubuh lebih kurus terlebih saat menggunakan pakaian ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh.

Padahal korset kehamilan didesain khusus untuk ibu hamil sebagai penyangga perut yang didesain agar bisa menopang dan memberikan kenyamanan selama kehamilan. Korset biasanya berbentuk sabuk yang cukup lebar agar bisa menopang perut saat hamil. Korset digunakan dengan melingkarkannya pada perut Moms, lalu direkatkan pada sisi tertentu. Biasanya korset digunakan di bagian bawah perut yang membesar untuk membantu menopang dan mengurangi beban pada perut dan punggung ibu.


Korset yang juga disebut stagen ibu hamil bersifat elastis dan fleksibel sehingga bermanfaat untuk Ibu Hamil yang aktif. Berikut manfaat korset untuk ibu hamil:

1. Mengurangi rasa sakit pada punggung dan panggil ibu hamil.
2. Membuat ibu hamil lebih nyaman karena tekanan korset membantu menopang rahim yang sedang mengandung bayi.
3. Memperbaiki postur tubuh Moms karena korset bisa mencegah tekanan berlebih pada punggung bagian bawah.


Namun, di antara banyak manfaatnya tersebut korset juga memiliki risiko yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan janinnya. Jika keseringan merenggangkan otot punggung dengan memakai korset bisa melemahkan otot punggung dan menimbulkan sakit berkepanjangan. Serta bisa membahayakan janin jika ikatannya terlalu erat dan terlalu lama digunakan. 

Hal ini dikarenakan tekanan darah di sekitar perut bisa menurun dan mengakibatkan gangguan pencernaan sehingga membahayakan janin dalam kandungan. Selain itu, kebiasaan memakai korset akan mempersulit proses melahirkan, sebab Moms akan sulit memberikan tekanan di perut saat akan melahirkan.

Oleh karena itu, penggunaan korset tidak dianjurkan terlalu sering. Ada baiknya digunakan hanya 2-3 jam per hari agar otot punggung tidak terlalu lemah. Agar lebih aman gunakan korset sesuai instruksi yang diberikan. Moms bisa melakukan olahraga untuk ibu hamil guna mengurangi penggunaan korset dan memperkuat otot punggung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Manfaat dan Bahaya Memakai Korset untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar