Cara Asyik agar Si Kecil Mau Makan Sendiri


Baby AE - Hai Moms, si kecil sebenarnya sudah bisa menggenggam sendok sejak berumur 16-17 bulan. Mungkin hanya beberapa yang membutuhkan waktu lama, tetapi akan berhasil pada akhirnya. Moms pasti lebih memilih menyuapi karena lebih mudah daripada mengajari si kecil makan sendiri. Padahal, makan sendiri adalah salah satu keterampilan hidup yang penting untuk si kecil, lho! Oleh karena itu, penting untuk mengajari si kecil makan sendiri dan membantunya.

Tak hanya itu, jika si kecil bisa makan sendiri malah lebih mudah dan menghemat waktu, lho, Moms. Makan sendiri juga penting untuk perkembangan keterampilan motorik halus si kecil, membangun kemandirian dan kepercayaan diri, serta bisa membuat si kecil memahami isyarat internal untuk rasa lapar dan kenyang. Nah, untuk melatih si kecil makan sendiri Moms harus melakukan langkah berikut:

  1. Merencanakan makan seimbang untuk si kecil dan menetapkan waktu makan setiap 2-3 jam, sehingga si kecil bisa memperoleh nutrisi yang tepat.
  2. Memahami kapan si kecil lapar dan memberikan makanan setidaknya 15 menit sebelum itu. Apabila Moms terlambat, si kecil akan rewel.
  3. Menyiapkan dua manngkok makanan untuk si kecil yang akan makan sendiri dan mangkuk lainnya untuk makanan yang tumpah.
Namun, ini tak semudah yang Moms bayangkan dan membutuhkan kesabaran. Sebab, si kecil tak akan bisa dengan mudah makan sendiri tanpa adanya masa percobaan. Oleh karena itu, Moms harus mengajarinya makan sendiri dengan tips berikut ini:

1. Membuat masakan dengan tampilan menarik

Moms bisa memancing si kecil untuk makan dengan membuat masakan yang terlihat menarik untuk anak dengan sedikit berkreasi. Contohnya, membuat pohon dari brokoli, rumah dari woertel, kacang polong dalam bentuk hati, membentuk nasi seperti micky mouse, dan ide kreati lainnya. Inilah salah satu cara yang membuat si kecil tertarik dengan makanan dan bersemangat untuk mencoba berbagai makanan.

2. Biarkan si kecil bermain dengan makanannya

Jika si kecil malah tampak asyik bermain-main dengan makanannya, Moms tak perlu khawatir. Biarkan si kecil menyentuh dan merasakan tekstur yang dimakannya, membuat bentuk lucu, dan eksplorasi lain yang akan membantunya saat makan sendiri.


3. Membuat permainan

Saat makan, Moms perlu mengajak si kecil bermain agar ia merasa bahagia. Misalnya dengan meletakkan beragam buah dan sayuran di depan si kecil saat makan dan mengenalkannya pada semua jenis buah serta sayuran di sana. Moms bisa memulai dengan makanan yang lebih dikenal seperti pisang, wortel, dan apel. Kemudian, kenalkan nama-nama makanan lain kepada si kecil. Kegiatan mengasyikkan ini mengajarkan di kecil untuk mengenal nama dan mempererat hubungan Moms dengannya. Setelah mengenal nama makanan, si kecil akan tertarik untuk mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.

4. Ajak si kecil meniru cara makan

Cara terbaik mengajari si kecil makan sendiri adalah dengan membiarkannya melihat orang lain melakukan itu. Hal ini membuat si kecil terdorong untuk melakukannya sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Asyik agar Si Kecil Mau Makan Sendiri"

Posting Komentar