Bunda Perlu Tahu, Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil


Baby AE - Hai Moms, pasti tidak pernah jauh dari pandan kalau sedang memasak apalagi untuk penyedap beberapa makanan, pandan memiliki aroma yang manis. Pandan sendiri memiliku beragam manfaat, tetapi siapa sangka jika daun ini bermanfaat untuk ibu hamil. Daun runcing yang tumbuh dan tandan berbentuk kipas ini banyak ditemui di daerah beriklim tropis. Pandan sendiri digunakan oleh masyarakat luas dalam masakan Asia Selatan dan Tenggara. Serta memiliki kandungan nutrisi seperti berikut:

  • Kalori: 321
  • Serat 11% dari Nilai Harian (NH)
  • Karbohidrat: 78 gram
  • Protein: 2,2 gram
  • Besi 32% dari NH
  • Fosfor 9% dari NH
  • Kalsium 10% dari NH

Moms perlu tahu, nih, kalau pasta pandan adalah sumber yang kaya beta karoten, dan prekursor vitamin A. Porsi 100 gram pasta pandan bisa mengandung 43-80% Nilai Harian walau jumlah pastinya sangat beragam. Vitamin A penting untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata Moms, lho. Pasta pandan juga mengandung zat besi yang tinggi yang membantu mencegah anemia defisiensi besi, serta membantu sirkulasi darah dan oksigen yang tepat.

Nah, Moms pasti tahu kalau daun pandan tidak hanya digunakan dalam masakan, tetapi juga mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi pandan selama kehamilan, lho. Berikut manfaat daun pandan untuk ibu hamil:

1. Membantu mengelola gula darah

Pandan bisa membantu mengelola kadar gula darah, Moms, lho! Buat Moms yang sedang hamil, kestabilan gula darah merupakan hal yang penting. Moms hamil yang memiliki gula darah tinggi bisa membahayakan kehamilan, oleh karena itu mengonsumsi seduhan daun pandan bisa menjadi hal yang cukup baik untuk ibu hamil.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Moms yang sedang hamil jangan sampai mengalami tekanan darah tinggi, karena ini berbahaya untuk kehamilan. Manfaat daun pandan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, daun pandan bisa memperlancar peredaran darah, melarutkan asam urat dan asam lemak jenuh, dan sebagai antioksidan.

3. Meningkatkan nafsu makan 

Nah, saat Moms merasa lemas dan lesu yang bisa disebabkan oleh morning sickness di trimester pertama, pasti selera dan nafsu makan akan terpengaruh juga. Namun, Moms bisa memanfaatkan daun pandan yang bisa mengembalikan dan meningkatkan kembali nafsu makan. Caranya pun mudah, hanya perlu merebus 10 gram daun pandan dengan 3 gelas air, biarkan mendidih, dan air menyusut. Lalu, konsumsi saat pagi dan sore hari agar nafsu makan terjaga dan tubuh menjadi lebih bugar.


4. Mengatasi mual dan muntah

Moms yang sedang hamil pasti sering mengalami mual dan muntah terlebih di trimester pertama. Mengonsumsi minuman jahe dan daun pandan bisa menurunkan mual dan muntah di trimester pertama kehamilan, oleh karena itu disarankan mengonsumsinya satu kali sehari selama 4 hari.

5. Mengatasi stress atau rasa cemas

Mengonsumsi daun pandan saat kehamilan bisa mengatasi stres dan rasa cemas. Daun ini memang sesuai dikonsumsi di trimester ketiga atau menjelang persalinan. Tak hanya itu, daun pandan bisa mengatasi insomnia atau sulir tidur. Daun ini bisa dikonsumsi sebagai relaksan karena mengandung tannin yang bisa menenangkan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bunda Perlu Tahu, Manfaat Daun Pandan untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar