Bisa Atasi Sembelit, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Bumil


Baby AE - Hai Moms, buat kalian yang sering berkutat di dapur pasti mengenal jenis kacang-kacangan ini yang ternyata juga memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil, lho! Kacang tanah sendiri sering dikonsumsi sebagai camilan, bahkan banyak digunakan untuk bumbu masakan seperti bumbu rujak, ketoprak, dan pecel. Lain halnya dengan di Amerika Serikat yang banyak mengonsumsi kacang tanah dengan cara dipanggang atau dijadikan selai.

Moms perlu tahu, nih, kalau olahan kacang tanah juga dibuat tepung dan minyak. Kacang tanah memang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti lemak, protein, dan beragam nutrisi sehat. Dalam kacang tanah mentah terdapat sekitar 7 persen air, 25,8 gram protein, 567 kalori, 8,5 gram serat, dan 49,2 lemak. Kandungan terbaik dalam kacang tanah adalah rendah karbohidrat dan tinggi serat. Sementara nutrisi lain di dalamnya antara lain vitamin dan mineral.

Untuk ibu hamil, kacang boleh dikonsumsi selama tidak memiliki alergi, tetapi alergi tersebut juga tidak memengaruhi Moms maupun bayi. Untuk Moms, kandungan nutrisi di kacang tanah baik untuk kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan. Ada berbagai manfaaat dari kacang tanah yang perlu Moms tahu, nih!


1. Mengatasi sembelit

Sembelit bisa dialami Moms selama hamil karena terdapat perubahan hormon tubuh yang bisa memengaruhi sistem pencernaan. Tak hanya minum air yang bisa mengatasinya, dengan mengkonsumsi kacang tanah Moms juga bisa mengatasi sembelit. Ya, kandungan serat dalam kacang tanah bisa meredakan masalah sembelit.

2. Mengontrol kadar gula darah

Untuk Moms yang mengidap diabetes atau berisiko diabetes sangat baik mengonsumsi kacang tanah. Dalam kacang tanah terdapat indeks glikemik yang rendah, yang membuat makanan ini tidak menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah. Kacang tanah bisa mengontrol kadar gula darah karena relatif rendah karbohidrat, tetapi tinggi serat, lemak, dan protein.

Serat mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga mempermudah pelepasan energi yang stabil, serta membutuhkan waktu lama untuk terurai daripada karbohidrat sederhana. Sebuah penelitian menunjukkan, jika makan selai kacang atau kacang tanah bisa membantu wanita dengan mengelola kadar gula mereka sehingga mengurangi risiko terkena obesitas dan diabetes tipe 2.


3. Kesehatan jantung

Beberapa studi obserbasional membuktikan bahwa mengkonsumsi kacang tanah dan kacang lainnya bisa melindungi tubuh dari penyakit jantung. Kacang tanah sendiri mengandung nutrisi yang menyehatkan jantung seperti kandungan niasin, asam folat, beberapa antioksidan, magnesium, dan tembaga.

4. Mencegah cacat tabung saraf

Cacat tabung saraf pada janin bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang tanah yang mengandung asam folat. Asam folat sendiri merupakan vitamin B kompleks yang larut dalam air. Selain itu, asam folat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan saraf janin dan sumsum tulang. Bahkan, dokter sering merekomendasikan Moms mengonsumsi makanan yang mengandung banyak asam folat saat program hamil.

5. Mengatasi anemia

Saat hamil, Moms akan memproduksi lebih banyak darah untuk pertumbuhan si kecil. Oleh karena itu, jika Moms tidak mendapatkan zat besi yang cukup, tubuh tidak akan bekerja dengan efektif dalam memproduksi darah sehingga mengakibatkan anemia. Nah, untuk mencegah dan mengatasi ini, Moms perlu menjamin asupan zat besi. Tak hanya dari suplemen, Moms bisa mengonsumsi kacang tanah yang jugalah sumber zat besi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisa Atasi Sembelit, Ini Manfaat Kacang Tanah untuk Bumil"

Posting Komentar