Cara Mengatasi Kecanduan Anak Pada Gadget




Baby AE - Jika memperhatikan anak zaman sekarang, pasti tidak jarang kita jumpai balita yang sudah kecanduan gadget. Anak zaman sekarang dan dulu itu beda jauh. Kalau dulu mainannya seperti petak umpet, sepak bola, lompat tali, dan sebagainya. Kalau anak zaman sekarang mainannya ya gadget.


Baca juga:  Beberapa Cara Mudah Menyapih Anak


Sebagai orangtua seharusnya bisa menghilangkan kecanduan anaknya terhadap gadget. Jangan kenalkan gadget sedari dini kepada anak. Lebih baik kenalkan gadget ketika sudah waktunya. Karena, anak kecil yang banyak bermain gadget itu tidak baik dan bisa berakibat fatal. Bisa menghambat pertumbuhan atau perkembangan anak. Misalnya, lambatnya pemikiran dan berbicara atau bahkan berjalan. Hal itu disebabkan kurang gerak atau aktifnya anak.

Bagimana cara mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget sedari dini? Silakan simak beberapa cara di bawah ini ya Bunda J!



1. Batasi waktu bermain gadget kepada anak. Pasti sebagai orangtua bisa kan membatasi waktu anak untuk bermain gadget. Jangan bilang tidak tega. Pilih tidak tega tidak memberikan gadget atau keterlambatan pertumbuhannya dan perkembangannya hayooo? Pikirkan resiko ke depannya bagi anak. Apalagi jika di dalam gadget tersebut terdapat banyak game.





2. Berikan anak mainan pengganti gadget. Entah boneka, mainan masak-masakan, robot-robotan, mobil-mobilan, dan semacamnya. Selain itu, apabila anak bermain bersama teman-temannya di luar rumah. Biarkanlah, asal tidak membahayakan.

3. Luangkan waktu sebanyak mungkin untuk bermain bersama anak. Selain memang sengaja diberikan mainan gadget oleh orangtuanya sendiri, salah satu alasan mereka bermain gadget adalah karena mereka kesepian. Apalagi orangtuanya sendiri kecanduan gadget game. Jadi, anak merasa kesepian dan diabaikan. Kasihan kan :-(.


4. Biarkan anak bermain di luar bersama teman-temannya ya Bunda J. Meski begitu, orangtua harus tetap memantau. Karena tidak selamanya bermain di luar itu baik. Takutnya ada pengaruh buruk akibat tertular oleh temannya yang nakal atau berperilaku tidak baik.



5. Batasi penggunaan jaringan internet di rumah. Entah berupa data paketan maupun wifi. Jaringan internet yang lancar akan mendukung aksi si kecil untuk tidak bisa jauh-jauh dari gadget. Tidak heran apabila anak Bunda lebih suka menyendiri atau mengurung diri di kamar bermain gadget. Oleh sebab itu, sebagai orangtua wajib membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan.



6. Berikan kegiatan atau kesibukan yang bermanfaat. Karena semakin banyak kegiatan yang dilakukan oleh anak, maka gadget bisa terlupakan olehnya. Selain itu, jika sudah lelah melakukan kegiatan, anak cenderung akan langsung tidur. Jadi, tidak sempat memegang gadget. Kesibukan yang bermanfaat untuk anak misalnya: les piano, les tilawatil qur’an, les banjari, les menyanyi, les berenang, dan sebagainya. Bisa juga les pelajaran sekolah yang dapat memberikan hal positif untuk pendidikannya kelak.
7. Jelaskan pada anak bahwa bermain gadget terus-terusan itu tidak baik. Apalagi jika sampai kecanduan. Jelaskan padanya agar menggunakan gadget hanya untuk hal-hal bermanfaat saja. Misal untuk belajar. Itupun tetap harus orangtua pantau ya J. Jelaskan juga dampak buruknya terhadap anak.

8. Ketika orangtua sudah punya waktu senggang, ajaklah anak jalan-jalan atau liburan mengenal alam. Meski di dekat rumah itu tidak masalah. Hal ini juga dapat membantu anak lupa dengan gadget.

9. Berikan motivasi atau hadiah kecil-kecilan ketika anak berhasil mengurangi bermain gadget. Berikan hadiah secara bertahap, sehingga anak akan lebih bersemangat untuk mengurangi bermain gadget.
Nah, itulah cara-cara mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget. Kalau Bunda udah melakukan cara yang mana nih? 

All picture by: Google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Kecanduan Anak Pada Gadget"

Posting Komentar