Cara Untuk Melepaskan Anak dari Popok


Baby AE - Hai Moms, pasti adanya popok sangat membantu pekerjaan dalam mengurus si kecil. Namun, si kecil tak bisa selamanya memakai popok terus, pasti ada waktu terbaiknya si anak berhenti memakai popok. Perlu Moms tahu kalau batas maksimal anak untuk menggunakan popok sekali pakai, selain itu berhenti memakai menjadi batu loncatan anak ke tahapan toilet training atau latihan ke toilet. Pastinya akan sulit untuk memisahkan si kecil dengan popok, terlebih hal ini membuat Moms kerepotan.

Namun, sebagai orang tua Moms harus siap dengan kerepotan yang akan datang saat melepaskan anak dari popok. Saat mulai melepaskan popok, si kecil pasti akan sering mengompol dan Moms harus bolak-balik mengepel lantai atau mengganti seprai kamar karena terkena ompol si kecil. Moms harus ingat, membuat si kecil berhenti memakai popok bukan berarti Moms bisa memaksanya untuk ke toilet begitu saja. Pastinya si kecil membutuhkan waktu untuk membiasakan diri tanpa popok dahulu.

Akan lebih baik Moms memulai pelan-pelan dengan tidak memakaikan popoknya setelah mandi dan hanya memakaikannya menjelang tidur siang atau tidur malam saja. Dengan begitu, si kecil akan mulai mengontrol dirinya. Ya, terkadang si kecil akan memberikan kode saat ingin buang air seperti gelisah, memegang celana, atau menunduk. Nah, setelah terbiasa si kecil tidak akan mengompol di waktu tidur siang.


Kalau sudah demikian, tinggal melatih si kecil agar tidak mengompol saat todur malam yang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Namun, Moms bisa membantu si kecil agar tidak mengompol dengan mengurangi pemberian air minum sebelum tidur dan membangunkannya pada jam tertentu di makam hari untuk buang air. 

Walaupun penggunaan popok memudahkan Moms merawat si kecil, karena tak perlu waktu lebih untuk mencuci popok kain dan membersihkan tempat tidur atau lantai setiap saat. Namun, si kecil tidak bisa selamanya menggunakan popok karena mempengaruhi kesehatannya dan harus dilatih untuk ke toilet agar terbiasa. Nah, saat si kecil sudah memasuki usia 3 tahun Moms harus memastikan itu terakhir kali si kecil memakai popok. Moms bisa mulai memberikan latihan ke toilet. 

Cara Melepaskan Anak dari Popok


Saat Moms memutuskan untuk tidak menggunakan popok sekali pakai berarti Moms harus siap dengan semua konsekuensinya dahulu. Sebab, akan ada berbagai pekerjaan yang harus Moms jalankan saat anak mengompol seperti mencuci pakaian si kecil, mencuci sprei, mengganti sprei, menjemur kasur, maupun mengepel lantai. Saat baru melepas popok pun si kecil tidak bisa langsung beradaptasi. harus secara perlahan-lahan.Moms bisa melatihnya secara bertahap, seperti berikut:

1. Memberi contoh cara menggunakan toilet

Di tahap ini Moms bisa mencontohkan kepada si kecil tentang keegiatan bertoilet baik itu pipis, buang air besar, mandi juga cuci kaki dan tangan. Hal ini bertujuan agar si kecil memahami kalau ingin membersihkan tubuh tempatnya adalah toilet. Pemahaman ini sangat bagus untuk melatihnya ke toilet.


2. Minta anak memberi tahu jika ingin buang air kecil atau besar

Mengingat kemampuan berbicara si kecil masih terbatas, Moms harus memintanya secara berulang untuk melakukannya. Moms juga perlu memahami bahasa yang diungkapkan si kecil bisa lewat ucapan, ekspresi wajah, memegang perut atau alat kelamin, berdiam di sudut ruangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, butuh kepekaan dan kesabaran lebih saat si kecil memberi tahu ia buang air kecil atau besar. 

3. Lihat pola pipisnya

Nah, Moms bisa menandai berapa jam sekali biasanya si kecil pipis, jika sudah tahu Moms bisa mengajak si kecil ke toilet. Hal ini membiasakan buang air kecil ke toilet dan menumbuhkan motivasi si kecil agar melakukannya dengan baik. Si kecil pun akan merasa bangga, jika diperlakukan seperti orang dewasa.

4. Biasakan si kecil bangun tengah malam

Saat tidur malam sulit bagi si kecil untuk tidak mengompol, karena itu Moms harus bisa mengatasinya dengan mengajaknya untuk pipis sebelum tidur, tidak tidur sambil minum susu, dan siap bangun tengah malam unttu mengajaknya buang air ke toilet.

5. Harus konsisten

Terakhir, Moms harus melakukan semua pelatihan ini secara konsisten dan terus menerus, sehingga si kecil bisa terus belajar dan memperbaiki kesalahannya. Sebab, jika tidak konsisten si kecil bisa saja pipis sembarangan dan pelatihan tidak efektif. Si kecil pun akan bingung apa yang harus dilakukan saat buang air kecil, akhirnya pelatihan pun menjadi sangat lama dan bisa saja tak berhasil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Untuk Melepaskan Anak dari Popok"

Posting Komentar