Cara Mengatasi Cegukan pada Si Kecil


Baby AE - Hai Moms, pasti sudah tahu kalau cegukan merupakan hal wajar yang terjadi pada si kecil. Terutama saat si kecil masih dalam kandungan di usia kehaamilan sekitar 4 sampai 5 bulan, di mana si kecil sudah bisa mengembangkan refleks cegukannya, bahkan sebelum refleks menelan atau pernapasannya berkembang. Nah, Moms pastinya akan merasakan si kecil cegukan dalam kandungan, seperti kejang kecil atau goncangan. 

Moms perlu tahu, nih, kalau setelah bayi dilahirkan pun cegukan sangat sering terjadi pada tahun pertama kehidupan. Cegukan merupakan kontraksi yang tidak disengaja atau refleks dari otot diafragma tubuh. Nah, setiap kali diafragma berkontraksi, otot di sekitar pita suara juga menutup dan menghasilkan suara cegukan yang khas. 


Moms tidak perlu khawatir, jika si kecil tidak menunjukkan rasa tidak nyaman atau kondisi tertekan saat mengalami cegukan. Sebab, itu berarti tidak ada yang perlu dilakukan untuk mengatasi cegukan. Cegukan sendiri memang normal terjadi pada bayi, bahkan biasanya berkurang frekuensinya setelah beberapa bulan pertama atau tahun pertama kehidupannya. Namun, sebaliknya, jika si kecil merasa tidak nyaman, cegukan disertai tangisan berlebihan, gumoh, dan sendawa, serta mengganggu tidur, hingga proses menyusui. Berikut hal yang bisa dicoba untuk mengatasi cegukan ini:

1. Bantu sendawakan si kecil

Cegukan bisa menjadi cara si kecil untuk mencoba meredakan cegukan, tetapi si kecil mungkin memerlukan sedikit bantuan di bagian itu. Cara membantu si kecil untuk bisa bersendawa cukup sederhana, yaitu dengan memberikan tekanan lembut pada perutnya dan dibantu dengan menggosok punggungnya dengan lembut. Moms, bisa membuat si kecil bersendawa dengan melatakkannya di bahu dengan perutnya yang menempel pada Moms, nih. Lalu, tepuk punggungnya dengan lembut untuk bisa mengeluarkan sendawa itu. 

2. Dudukkan si kecil dengan posisi tegak setelah menyusui

Menggendong si kecil dengan posisi tegak setelah menyusui bisa membantu mereka mencerna susu dan mengurangi cegukan, ketidaknyamanan pencernaan lainnya, dan bersendawa. Moms juga bisa mempertimbangkan untuk menggendong si kecil dalam posisi tegak selama menyusui, karena ini bisa membantu ASI mengalir ke bawah.


3. Perawatan refluks asam lambung

Lain halnya untuk si kecil yang didiagnosis mengalami refluks asam lambung, dokter akan merekomendasikan obat bebas atau obat resep yang bisa membantu mengatasi kondisi tersebut. Pada saatnya, perawatan ini akan membantu mengurangi cegukan. Sebelum memberikan obat-obatan, dokter biasanya akan menyarankan perubahan gaya hidup dan makan terlebih dahulu untuk mengatasi refluks asalm lambung ini.

Si kecil bisa juga mengalami cegukan secara berlebihan karena alergi. Alergi pada bayi umumnya disebut intoleransi protein susu-kedelai (MSPI). Di mana susu atau kedelai dalam susu formula menyebabkan gejala seperti cegukan, gumoh, atau gas.

4. Berhati-hatilah saat memberi makan si kecil

Tentunya, saat memberi makan si kecil Moms harus telaten dan perlahan melakukannya, karena memberi makan si kecil secara berlebihan, terlalu cepat, atau membiarkan si kecil menelan udara berlebih bisa menyebabkan peningkatan cegukan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Cegukan pada Si Kecil"

Posting Komentar