Trik Anak Senang Belajar Berhitung




Baby AE - Hai Bunda, pasti tahu dong keterampilan dasar dalam belajar yang harus dimiliki si kecil seperti membaca, menulis, dan berhitung. Melatih si kecil membaca dan menulis bisa dilakukan dengan mudah apalagi bisa menggunakan media bernyanyi, mendongeng, atau bunda bicara dengan si kecil, dan lain-lain. Selain itu, sejak dalam kandungan si kecil sudah belajar tentang suara, hingga ia hanya perlu belajar mengeluarkan suara dan memperbanyak kosakata. Lain halnya dengan berhitung yang menjadi hal sulit karena harus mengasah kemampuan kognitif dan menarik si kecil. 

Bunda pun pastingin si kecil tumbuh dengan cerdas, tak hanya mempunyai keterampilan membaca dan menulis. Namun, juga memiliki keterampilan berhitung yang sulit untuk diajarkan kepada si keciil. Sebab, si kecil bisa saja kesulitan dan tidak berkonsentrasi dengan baik saat diminta memahami cara menghitung. Umumnya, si kecil belajar berhitung saat memasuki PAUD atau TK, tetapi bunda sudah bisa mengajarinya tentang angka dan berhitung. Saat sudah berusia 2 tahun si kecil pun mulai pandai berhitung, tetapi mengajarinya berhitung bukanlah hal mudah. 

Oleh karena itu, bunda harus punya cara agar mengajari berhitung kepada si kecil terasa udah dilakukan dengan cara sederhana dan menyenangkan. Berikut cara sederhana mengajari berhitung:


1. Memakai benda sekitar untuk berhitung

Bunda bisa mulai mengajak anak menghitung benda yang ada di sekitarnya untuk membantu si kecil memahami konsep berhitung terutama penjumlahan dan pengurangan. Lalu, bunda bisa menambahkan atau mengambil benda tersebut untuk dihitung kembali oleh si kecil. Benda yang bisa digunakan apel, botol, bahkan boneka, dan mainannya.

2. Menggunakan jam dinding

Nah, selain untuk mengajarkan waktu, jam dinding juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan penjumlahan atau pengurangan sederhana pada anak. Caranya dengan memberikan soal 3+2, lalu arahkan si kecil untuk melihat angka 3 dan menghitung dua langkah searah jarum jam. Di mana akan menunjukkan angka 5 yang menjadi kesimpulan bahwa 3 ditambah 2 hasilnya 5. Sebaliknya, untuk pengurangan bunda bisa mengarahkan si kecil menghitung berlawanan arah jarim jam dengan melihat angka pada jam.


3. Menggunakan jari tangan

Cara yang paling sederhana untuk mengajari anak berhitung, yaitu menggunakan jari. Bunda bisa meminta anak menunjukkan berapa usianya menggunakan jari tangan. Bisa pula mengajari berhitung dan mengurangi dengan jari, dengan menggunakan cara sederhana ini si kecil akan mulai paham belajar menghiitung angka.

4. Belajar berhitung dengan lagu

Salah satu cara paling mudah dalam mengajari si kecil berhitung, yaitu dengan memutarkan lagu edukatif seperti "Dua Mata Saya" yang bisa dilakukan sambil memegang bagian tubuh yang disebutkan pada lagu itu. tak hanya itu, bunda bisa memutarkan musik "Satu Ditambah Satu" atau "Tek Kotek Kotek Anak Ayam" untuk mempelajari pertambahan dan pengurangan.

5. Pakai media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan

Untuk menarik perhatian si kecil tentunya bunda harus punya cara-cara kreatif dalam mengajarkan berhitung, nih. Berikut cara yang bisa dilakukan bunda dalam menciptakan media belajar berhitung:
  • Memasang poster angka
  • Berhitung dengan gambar
  • Bermain petak umpet

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Trik Anak Senang Belajar Berhitung"

Posting Komentar