Tips Stimulasi Bayi agar Mudah Berguling


Baby AE - Hai Bunda, pasti tahap berguling menjadi momen yang penting sekaligus prestasi besar dalam perkembangan si kecil. Kegiatan ini membutuhkan kontrol kepala dan kekuatan otot leher, serta lengannya. Tentunya, Bunda perlu memperhatikan hal ini dan mengajak si kecil tengkurap. Yap, dengan tengkurap si bayi bisa melatih kontrol kepalanya dengan baik dan bisa duduk dengan diberi bantuan. Jika sudah memiliki kemampuan itu si kecil akan mulai belajar berguling.

Lalu, kapan si kecil bisa berguling? Sebagian besar bayi mulai mencpba berguling dari perut ke punggung di usia kurang lebih dua bulan. Namun, mungkin yang lain butuh waktu satu atau dua bulan lebih lama untuk bisa berguling sendiri. Jadi, rata-rata bayi bisa berguling pada usia 4 bulan, lalu pada usia 6 bulan bayi sudah bisa berguling beberapa kali. Oleh karena itu, jika di umur 6 bulan bayi belum bisa berguling, maka ini merupakan keterlambatan perkembangan, Bun.


Dikutip Medical News Today, berikut tanda yang menunjukkan bayi siap berguling:

  1. Bisa mengangkat kepala dan bahu lebih lama saat sedang ditengkurapkan.
  2. Bisa berguling ke bahu atau samping saat ditengkurapkan.
  3. Kakinya bisa menendang saat dalam posisi telentang.
  4. Kekuatan kaki dan pinggulnya meningkat, seperti mengangkat pinggung menggunakan kaki.
  5. Beberapa bayi mungkin tidak sengaja berguling dan terlihat takut atau terkejut saat melakukannya.

Nah, saat bayi sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, Bunda bisa mengajarinya agar cepat berguling. Bunda bisa membantunya membangun kekuatan berguling dengan mengajaknya si kecil tengkurap untuk melatih kekuatan otot punggung, leher, dan lengannya, yang diperlukan si kecil untuk berguling. Setelah itu, bunda bisa mengajak bayi bermain di lantai sambil tengkurap  setiap hari dan memancing mereka agar mau berguling. 

Mungkin dengan meniru suara si kecil, bernyanyi, membaca, atau menunjukkan mainan atau gambar warna-warni untuk menarik si kecil agar berguling. Selain itu, Bunda bisa mengajak bayi tengkurap dengan membaringkannya menghadap ke bawah saat di pangkuan selama beberapa menit saat si kecil sedang terjaga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Stimulasi Bayi agar Mudah Berguling"

Posting Komentar