Manfaat Bertelanjang Kaki untuk Bayi




Baby AE - Hai Moms, suka lihat-lihat sepatu lucu saat si kecil mulai bisa berjalan Bunda rasanya pengin borong sepatu di toko, deh. Abisnya sepatu pre-walker bayi lucu-lucu menggoda banget dan bangga si kecil sudah mulai bisa berjalan. Namun, ternyata kaki si kecil bisa berkembang lebih baik kalau tidak menggunakan sepatu, lho, Bun. Sebuah studi mengatakan kalau penggunaan sepatu dapat mengubah cara anak belajar berjalan. Dijelaskan kalau sol sepatu membuat si kecil melatih otot yang salah saat sedang berjalan. 

Jadi, bunda tidak bisa asal memilih sepatu, nih. Bahkan, sebisa mungkin biarkan si kecil bertelanjang kaki saat sedang berjalan-jalan, ya, apalagi saat sedang di indoor. Saat outdoor pun, selama lingkungannya aman, misalnya di halaman berumput, di pasir pantai yang bersih, dan lain-lain disarankan untuk membiarkan si kecil bertelanjang kaki. Bunda setuju kalau jalan-jalan sambil bertelanjang kaki itu menyenangkan? Terlebih berjalan di atas rumput pagi hari di mana masih berembun menambah manfaat untuk bayi. Ada banyak manfaat saat si kecil berjalan sambil bertelanjang kaki, lho, sebagai berikut:

1. Kaki bisa tumbuh dan berkembang dengan seharusnya


Perlu bunda tahu kalau sepatu bayi bisa mengubah bentuk kakinya, saat lahir bentuk kakinya tumbuh lebar. Namun, rata-rata kaki sekarang jari-jarinya menekuk ke dalam, ini dikarenakan sering mengenakan sepatu dan bisa mengubah bentuk kaki. Saat si kecil dilahirkan tulang masih terbentuk untuk mulai membiasakan menggunakan sepatu yang menurut kita bagus, hingga akhirnya kebiasaan ini mengubah bentuk kakinya. Oleh karena itu, efektivitas kerja kaki pun berubah. Jadi, biarkan si kecil bertelanjang kaki sesering mungkin agar kakinya tumbuh secara alami, ya, Moms.

2. Mendorong anak belajar tentang gaya berjalan yang alami dan sehat

Saat anak lebih sering bertelanjang kaki, ia secara alami berjalan dengan lebih lembut, langkah lebih pendek, dan memberi lebih sedikit tekanan pada telapak kaki. Tentunya hal ini membuat litut menekuk untuk memberi hentakan pada tiap hentakan langkah, jari kaki pun mencengkeram lantai dan membantu mendorong ke atas. Hal ini bisa memperkuat jari kaki dan tendon kaki yang seharusnya melakukan tugas berjalan. Pertumbuhan otot pun dipengaruhi oleh ini.

3. Meningkatkan keamanan

Bunda pasti memakaikan sepatu bayi karena ingin melindungi kaki si kecil dari permukaan yang keras serta tajam. Boleh sata saat dalam situasi seperti itu, tetaoi oada kebanyakan situasi mengenakan sepatu sebenarnya lebih berbahaya daripada bertelanjang kaki. Si kevill bisa tergelincir dan jatuh saat menggunakan sepatu, terutama sepatu flip-flop. Sebenarnya, sepatu cenderung membuat anak lebih canggung karena pemakaiannya yang tidak tepat. 

Bunda harus memilih sepatu dengan bagian sol fleksibel agar si kecil bisa merasakan tanah di bawah kakinya dan tidak terpeleset saat bermain. Sebaliknya, jika bunda takut si kecil terkena benda tajam dan kesakitan saat berjalan di medan kasar bunda harus lebih waspada dan mengangkatnya saat melihat tanah di depan bisa melukai si kecil. Hal ini agar si kecil tidak terluka.


4. Kaki jadi lebih sehat

Saat memakai sepatu tentunya tidak bisa terhindar dari jamur dan bakteri terlebih saat diletakkan di tempat yang hangat dan lembap. Kalau mengenai kaki si kecil akan menyebabkan jamur kaki dan cantengan. Akan lebih aman kalau membiarkannya bertelanjang kaki karena terkena sinar matahari dan udara segar bagus untuk kakinya.

5. Memperkuat kaki

Manfaat utama si kecil bertelanjang kaki adalah memperkuat kaki, membuatnya bergerak lebih lincah, dan tidak mudah terkena penyakit. Saat bertelanjang kaki pun membuat si kecil bisa merasakan posisi dan kekuatan bagian tubuh dalam gerakan dengan kata lain, bertelanjang kaki membantu anak mengembangkan kesadaran tubuhnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bertelanjang Kaki untuk Bayi"

Posting Komentar