Kemampuan Bayi Sejak dalam Kandungan




Baby AE - Hai Moms, masa-masa hamil menjadi kebahagiaan tersendiri walau dalam waktu bersamaan itu menjadi hal yang membebani karena rahim Bunda sudah seperti rumah bagi Si Kecil. Berbagai kegiatan bayi dalam kandungan bisa Bunda rasakan mulai dari menggeliat, bergerak, hingga menendang. Kegiatan tersebut bisa menjadi tanda kalau si kecil sedang mempelajari apa yang didengarkan dan dirasakannya, lho.

Aktivitas ini ada berkat panca inderanya dan merupakan tanda bahwa otak bayi berkembang dengan baik meski hidup dalam rahim yang tertutup. Si kecil bisa mendengar berbagai suara yang berasal dari luar rahim, melihat berkas cahaya, dan membedakan rasa makanan yang dikonsumsi bunda. Sejak trimester kedua tau minggu ke-27 kehamilan panca indera si kecil mulai aktif. Sejak itu semua hal perlahan ia pelajari sebagai persiapan hidup setelah dilahirkan nanti.

Nah, berikut kemampuan yang sudah dipelajari bayi sejak dalam kandungan:


1. Mengenali Suara Ibu

Rahim bukanlah tempat yang kedap suara, oleh karena itu si kecil bisa mendengar berbagai suara. Mulai dari suara organ tubuh ibunya seperti detak jantung, aliran darah, hingga suara-suara di sekitar ibunya. Suara musik maupun percakapan akan terdengar sebagai suara lirih bagi si kecil. Tentunya, suara yang paling dikenal si kecil adalah bunda, suara bunda juga akan diingatnya. Saat bunda mengajaknya bicara pun detak jantung si kecil dalam kandungan cenderung stabil seakan lebih tenang. Hal ini membuat si kecil bisa membedakan mana suara ibunya dan mana suara orang asing setelah dilahirkan.

2. Belajar Bahasa Ibu

Sejak dalam kandungan pastinya si kecil sudah mempelajari bahasa dan intonasi yang diucapkan bunda, lho. Tak hanya saat mendengar bunda mengajak bicara, tetapi si kecil juga mempelajari bahasa dan intonasi dari suara orang yang berkomunikasi dengan bunda. Sayangnya, si kecil masih belu mengerti arti kata yang didengarnya, tetapi si kecil bisa membedakan makna pembicaraan tersebut melalui irama dan nada bicara.


3. Mengenali Cahaya

Saat trimester ketiga terlebih bulan ketujuh kehamilan si kecil sudah dapat mengenali keberadaan cahaya di sekitarnya. Hal ini pun dikuatkan dengan pernyataan beberapa dokter apabila perut bunda disinari dengan cahaya yang kuat si kecil akan bergerak untuk memberi respons terhadap berkas lembut dari kilau cahaya tersebut. Tak hanya itu, penelitian melalui pemeriksaan USG mengatakan bahwa mata si kecil sering membuka dan menutup saat mendekati waktu persalinan seakan sedang berlatih untuk berkedip dan melihat dunia luar.

4. Mengenali Rasa

Bunda perlu tahu, nih, kalau si kecil mulai bisa mencicipi rasa asam, manis, dan pahit sejak usia kehamilan 14 minggu. Uniknya, rasa yang terbiasa dicicipi dalam kandungan akan memengaruhi selera makannya setelah ia lahir nanti. Hal ini berkaitan dengan apa yang dimakan oleh bunda karena rasanya akan ikut terbawa ke air tuban. Oleh karena itu, bunda yang hamil disarankan mengonsumsi makanan dan minuman dengan rasa yang beragam untuk mempertajam indra perasa bayi nantinya.

Nah, itulah yang sudah dipelajari si kecil sejak dalam kandungan. Bunda harus tahu, nih, agar bisa membantu si kecil belajar sejak dalam janin dengan mendengarkan musik atau mengajak bicara. Juga bisa dengan olehraga, lho, tapi bunda harus tetap hati-hati untuk menjaga si kecil dalam kandungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemampuan Bayi Sejak dalam Kandungan"

Posting Komentar