Jenis Buah dan Sayuran Pelancar ASI Bunda


Baby AE - Hai Bunda, pasti menyusui menjadi momen berharga buat Bunda yang akan melakukan apa pun untuk memproduksi ASI dengan lancar. Tentunya, Bunda akan mengonsumsi makanan tertentu, pasti Bunda tahu makanan apa saja yang bisa meningkatkan ASI. Hal utama yang harus Bunda pastikan adalah posisi dan pendekatan dengan melakukan pompa ASI secara berkala dan sering-seringkah menyusui si kecil secara langsung dari payudara. 

Saat Bunda sudah melakukan semua itu jangan khawatir tentang produksi ASI yang tak cukup, Bunda juga bisa menambahnya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Tak hanya itu, Bunda bisa menambahkan asupan sayur pelancar ASI di menu makanan sehari-hari. Selain itu, buah juga penting untuk meningkatkan produksi ASI Bunda dan menjaga kesehatan serta stamina Bunda selama menyusui si kecil. Berikut jenis buah dan sayuran yang memperlancar ASI Bunda:

1. Sayuran berdaun hijau

Seperti yang bunda tahu sayur ini merupakan sumber mineral seperti zat besi, kalsium, dan folat yang penting untuk menyusui. Setidaknya Bunda harus mengonsumsi satu porsi sayuran hijau setiap hari untuk hasil maksimal.


2. Daun kemangi dan kelor

Bunda pasti tidak asing dengan daun yang biasanya menjadi pelengkap lalapan ini, aroma wanginya pun banyak disukai. Ternyata daun kemangi atau tulsi ini bermanfaat untuk ibu menyusui, lho. Tak hanya membantu produksi ASI, tetapi juga memberikan efek menenangkan, serta meningkatkan pergerakan usus yang sehat dan nafsu makan yang baik. Selain itu, ada daun kelor yang kaya akan zat besi dan kalsium serta dipercaya bisa meningkatkan produksi susu. Bunda bisa memasaknya menjadi sayur masam atau meminumnya dalam bentuk kapsul maupun teh kelor.

3. Buah Bit

Buah Bit ini menjadi sayuran yang sangat bergizi dan bisa membersihkan darah juga kaya serat dan minerak sehat. Tak heran, kalau Buah Bit bisa meningkatkan produksi ASI dan membantu permurnian darah yang akan bermanfaat bagi si kecil.


4. Semangka

Pasti tahu dong dengan buah yang kaya dengan fruktosa, serat, air ini. Semangka membuat Bunda tetap terhidrasi dengan memberi minera penting pada tubuh dan menjaga atau meningkatkan suplai ASI.

5. Wortel

Bunda pun pasti tahu kalau wortel mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata, tetapi tak hanya itu manfaat dari vitamin A ini. Vitamin A juga meningkatkan kualitas produksi susu, dengan ini Bunda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad atau jus dan minum secangkir di pagi hari.

Nah, selain buah dan sayur yang disebutkan di atas ada juga yang bisa meningkatkan produksi ASI Bunda seperti pare, pepaya muda, asparagus, aprikot, daun kari, dan yang lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Buah dan Sayuran Pelancar ASI Bunda"

Posting Komentar