10 Manfaat Utama Bermain untuk Si Kecil


Baby AE - Hai Moms, selama pandemi ini pasti si kecil lebih banyak beraktifitas di rumah. Sekolah sampai bermain pun dilakukan di rumah demi keamanan si kecil, tentunya kondisi ini membuat si kecil merasa bosan dan jenuh karena aktivitasnya di rumah terbatas. Solusinya, Moms harus menciptakan aktivitas bermain yang menyenangkan dan beragam untuk si kecil setiap harinya. Bermain bersama si kecil bisa dijadikan sarana untuk menghilangkan rasa lelah untuk Moms maupun si kecil. 

Nah, bermain berguna untuk membuat hubungan orang tua dan anak semakin erat dan tercipta suasana menyenangkan. Menurut Psikolog dan Co-Founder Klinik Tumbuh Kembang Rainbow Castle, Belinda Agustya, agar kegiatan bermain lebih bermakna, maka perlu adanya interaksi antara orang tua anak. Terlebih, bermain akan lebih menyenangkan tanpa aturan, jadi Moms biarkan si kecil yang menentukan permainan apa yang diinginkannya.

Sebab, memberikan perintah atau arahan saat bermain bisa membuat si kecil tak senang, oleh karena itu bebaskan si kecil untuk bereksplorasi. Namun, tetap pastikan mainan si kecil sesuai dengan tahapan usianya. Serta, ajak si kecil untuk bermain mainan edukasi, sehingga mreka bisa bermain sambil belajar tanpa disadari. 


Nah, Moms, bermain merupakan kegiatan yang bersifat rekreasional, tetapi di balik itu semua bermain memiliki banyak manfaat bagi anak. Di samping Moms khawatir kalau si kecil bisa terkena bakteri atau kuman, maupun terluka, dan bermain terlalu jauh ada manfaat lain. Keceriaan dan ketrampilan si kecil bisa terlihat saat mereka bermain, oleh karena itu Moms perlu menciptakan aktivitas bermain yang aman dan menyenangkan untuk si kecil selama pandemi. 

Berikut manfaat bermain untuk anak:

  • Meningkatkan kekuatan otak anak.
  • Meningkatkan kreativitas dan imajinasi.
  • Meningkatkan kebahagiaan.
  • Membantu si kecil mengatasi stress.
  • Kesehatan fisik si kecil lebih baik.
  • Membantu si kecil bersosialisasi.
  • Membangun kepercayaan diri.
  • Memungkinkan anak mengekspresikan emosi.
  • Menambah kosakata dan kempuan berbahasa si kecil.
  • Membiarkan si kecil mengeksplorasi kesukaannya.
Nah, Belinda sebagai Psikolog dan Co-Founder Klinik Tumbuh Kembang Rainbow Castle menambahkan, jika meluangkan waktu untuk bermain bersama si kecil bisa menciptakan hubungan yang lebih erat antara Moms dan si kecil. Selain itu, si kecil akan merasa lebih berharga, dicintai, dan diperhatikan oleh orang tuanya. Jadi, Moms jangan lelah mengajak si kecil bermain setiap harinya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Utama Bermain untuk Si Kecil"

Posting Komentar