Bagaimana sih Cara Berbicara dengan Bayi? Ini Tipsnya!


Baby AE - Berbicara dengan bayi menjadi salah satu yang sulit terlebih di umurnya yang masih kecil mustahil untuk mengatakan sepatah kata. Namun, bunda perlu tahu kalau bayi bisa berbicara sejak lahir lewat senyum, tawa, dan tangisannya. Tentunya bunda bisa mulai berkomunikasi si kecil dengan menyenangkan, selain itu bayi akan mulai berceloteh di umur 7 atau 8 bulan. 

Penting untuk mengajak si kecil bicara secara rutin karena hal ini bisa menstimulasi bayi untuk cepat. Namun, bunda pasti bingung bagaimana mengajaknya bicara saat si kecil belum bisa bida bicara. Bunda pasti tahu kalau saat dalam kandungan bayi sudah mampu memahami kata-kata yang diucapkan ibunya dan menangkap emosi yang dirasakan oleh orang di sekitarnya. 


Berbicara dengan bayi sangat penting karena dapat mengasah kemampuan memahami dan merespons suara maupun emosi bundanya, dapat mengasah kemampuan bicara, serta mengasah kemampuan lainnya. Saat mengajak si kecil berkomunikasi si kecil juga akan lebih cepat menguasai kemampuan lain seperti berinteraksi dengan orang lain, menghitung, membaca, menulis, dan mempelajari berbagai bahasa. 

Tips mengajak Bayi Bicara

Mengingat pentingnya mengajak bicara si kecil, bunda perlu melakukan hal-hal seperti menyentuh si kecil dengan lembut. Sentuhan lembut, mengusap rambutnya, tersenyum, mengajaknya bicara atau bicara adalah cara terbaik untuk mengajaknya berkomunikasi. Selain itu, bunda bisa mengajak bayi untuk berbicara, lalu tunggu respons dan reaksinya. Hal ini akan membantu menciptakan pola komunikasi.


Bunda harus memperhatikan si kecil dengan seksama mulai dari gerakan tubuh dan responsnya kepada bunda. Setiap gerakan dan suara yang dikeluarkan setelah mengajak bicara adalah jawaban dari komunikasi bunda kepada si kecil. Bisa juga menggunakan kata-kata yang positif dan menyenangkan serta berbicara dengan nada perlahan dan mendekat ke wajahnua untuk mengalihkan hal-hal lain yang bisa mengalihkan konsentrasi si kecil.

Gunakan pula suara yang biasa digunakan saat bunda berbicara dengan bayinya karena ini merupakan bahasa yang akan dikenali bayi. Bunda bisa memulai dengan membicarakan tentang hal-hal kecil dalam kesehariannya. Membacakan buku bergambar untuk si bayi juga menjadi aktivitas yang sangat penting untuk memperkaya kosakata dalam berkomunikasi. Selanjutnya di usia 8-12 bulan pertama bayi akan mulai bersuara dan mengatakan kata yang sederhana. 

Nah, itulah yang bisa bunda lakukan untuk berbicara dengan si kecil, jika si kecil tak merespons bunda tak perlu khawatir. Mereka punya waktu yang berbeda-beda dalam perkembangan bicaranya. Jangan lupa untuk rutin mengajaknya bicara dan memeriksakan ke dokter, jika ada masalah.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana sih Cara Berbicara dengan Bayi? Ini Tipsnya!"

Posting Komentar