Kapan Bayi Bisa Mengangkat Kepalanya?



Baby AE - Hai Moms, bagaimana kabarnya selama pandemi? Di rumah saja seperti ini akan berwarna dengan kehadiran si kecil yang menggemaskan. Saat si kecil baru lahir menyentuh leher menjadi hal yang ditakutkan karena lemahnya otot leher, bunda pun perlu berhati-hati saat menggendongnya. Berita baiknya, menjelang usia 3 bulan leher si kecil sudah cukup kuat untuk mengangkat kepalanya hingga tegak 45 derajat. Kemampuan motorik si kecil pun berkembang secara maksimal sejak itu, bunda perlu memberi stimulasi atau latihan yang tepat, nih.

Saat berusia 3 bulan si kecil sudah bisa menyangga kepalanya sendiri dengan baik, bunda pun sudah bisa menggendongnya dengan posisi tegak. Bunda bisa menggendongnya pada posisi tegak baik dengan menghadap ke depan maupun ke belakang, saat itu posisi si kecil pun akan tegak dan tidak jatuh ke belakang. Lanjut ke usia 4 bulan si kecil sudah bisa mengangkat kepala dan bahunya saat dibaringkan dalam posisi tengkurap. 


Memasuki usia 7 bulan si kecil pun sudah mampu mengontrol gerak kepala seperti mengangkan dan bertahan dengan posisi kepala tegak untuk waktu yang lama terutama saat dipangku. Bunda bisa memberinya stimulasi agar kekuatan otot leher bayi agar meningkan dan menegakkan kepala dalam waktu yang lama, seperti berikut:

1. Posisikan Bayi Tengkurap

Bunda bisa nih meletakkan si kecil dalam posisi tengkurap dan menarik perhatiannya dengan sebuah gambar ukuran besar yang diletakkan di depannya agar si kecil mengangkat kepala untuk melihat gambar itu. Bisa juga bunda ikut tengkurap dengan si kecil untuk mengajaknya mengobrol dan ekspresi wajah ibu yang lucu agar si kecil dapat mengenali berbagai macam ekspresi ibu.

2. Menyusui dengan Posisi Tengkurap

Dengan menyusui dalam posisi tengkurap bunda bisa meningkatkan intensitas dan frekuensi secara bertahap karena dengan posisi itu si kecil cenderung menegakkan lehernya. Membiarkan si kecil tengkurap dalam beberapa waktu dapat membuat lehernya kuat.


3. Latihan Putar Kepala

Saat si kecil mulai bisa menggerakkan kepalanya, maka bunda bisa memindahkan posisi kepalanya sendiri dengan cara memanggil namanya atau membuat bunyi agar si kecil mau menoleh ke arah suara. Latihan ini akan membuat leher si kecil semakin kuat dan tidak kaku.

4. Pijat

Memijat leher, punggung, dan bokong bayi secara lembut pun dapat membantunya memperkuat fisik dan menstimulasi motoriknya.

5. Memposisikan Bayi Duduk

Menginjak usia 5-6 bulan tubuh bagian atasnya sudah semakin kuat. Jadi, bunda bisa melatih otot lehernya agar tidak kaku dengan mengajak si kecil meraih kedua tangan ibu. Lalu, bisa tarik perlahan hingga si kecil duduk, bisa nih dilakukan secara rutin agar otot si kecil semakin kuat dan bisa duduk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kapan Bayi Bisa Mengangkat Kepalanya?"

Posting Komentar