Waspada Makanan Ini, Penyebab Keracunan Pada Bayi



Baby AE - Makanan pada bayi memang harus diperhatikan karena bisa saja makanan yang harusnya menyehatkan menyebabkan keracunan. Hal ini sering terjadi saat kita salah memilih makanan ataupun tak memerhatikan kebersihannya. Apa saja nih makanan yang menyebabkan si kecil keracunan?

Pada dasarnya beberapa makanan bisa saja tak higienis dan tidak cocok maupun membuat si kecil alergi tak menutup kemungkinan menyebabkan si kecil keracunan. Berikut makanan dan minuman yang harus diperhatikan bunda nih:

Baca juga: Makanan yang Sering Menyebabkan Diare pada Si Kecil

        1.      Susu mentah dan produknya

Di urutan pertama ada susu nih, Bun. Bukannya susu menyehatkan? Susu memang menyehatkan, bahkan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang. Tetapi, susu mentah sangatlah berbahaya karena masih mengandung bakteri yang dapat mempercepat proses kedaluwarsa. Begitu pun produknya, seperti yogurt, keju, dan yang lainnya. Apabila tak melewati proses pemanasan yang bisa membunuh bakteri, maka susu mentah dan produknya tersebut bisa membuat si kecil keracunan.

        2.      Sayur dan buah

Waduh, sama halnya dengan susu sebenarnya sayur adalah makanan yang bernutrisi dan bermanfaat buat si kecil. Namun, jikalau tidak dicuci bersih bakteri seperti salmonella dan listeria campylobacter, dan E. coli bisa menyebabkan si kecil keracunan saat mengonsumsinya. Pestisida dari sayur dan buah pun terkadang masih melekat, tak menutup kemungkinan juga akan terkontaminasi bakteri. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah keracunan pada bayi dari buah dan sayur:

1.      Beli buah dan sayur yang masih segar

2.      Pastikan tempat bunda membelinya higienis

3.      Cuci dengan air mengalir sebelum dikonsumsi

4.      Buang bagian kulit yang sudah rusak

5.      Beberapa sayur seperti kol, to    ge, sayur hijau, dan lainnya disarankan dikonsumsi dalam kondisi matang.

        3.      Telur

Lagi-lagi makanan yang dianggap mengandung protein dan ekonomis ini dianggap menjadi penyebab keracunan pada si kecil. Dan lagi bakteri salmonella menjadi penyebab telur masuk ke daftar makanan yang membuat si kecil keracunan. Kita tidak tahu kondisi lingkungan dan hewan petelurnya, oleh karena itu perhatikan hal-hal berikut:

a)      Belilah telur di tempat yang terpercaya

b)      Pastikan telur tidak ternoda dan rusak

c)      Simpan di kulkas dan masak sampai matang

        4.      Daging Mentah

      Sama halnya dengan telur, daging juga mengantung protein, tetapi kalau tidak diolah dengan baik akan menyebabkan keracunan. Untuk ini bunda harus mematikan daging segar dan bersih, lalu dimasak sampai matang agar tidak meracuni si kecil.

      Baca juga: Kenali Gejala COVID-19 pada Bayi

        5.      Tepung Mentah

      Kalau untuk tepung mudah mencegahnya, cukup jangan biarkan si kecil mencicipi tepung mentah dengan menyimpannya di tempat yang bersih dan tertutup. Karena bisa saja tepung terkontaminasi bakteri salmonella.

        6.      Seafood Mentah

      Terakhir makanan laut yang mentah bisa saja terkontaminasi bakteri, oleh karena itu pastikan makanan laut yang akan kalian konsumsi bersih dan segar. 

Itulah makanan yang bisa menyebabkan keracunan pada si kecil, sebenarnya mudah solusinya. Cukup perhatikan kebersihan makanan tersebut dan usahakan dalam kondisi baik di konsumsi si kecil. Suhu panas juga bisa membunuh bakteri, oleh karena itu masak pastikan makanan dalam kondisi matang untuk dikonsumsi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Makanan Ini, Penyebab Keracunan Pada Bayi"

Posting Komentar