Tips Menjaga Bayi di Cuaca Tak Menentu



Baby AE - Musim kemarau, tetapi hujan kalau tidak pasti udaranya sangat dingin. Cuaca yang tak menentu dapat memengaruhi kesehatan tubuh kita orang dewasa apalagi pada bayi. Perubahan suhu secara cepat membuat tubuh bayi bekerja keras agar dapat beradaptasi dengan udara sekitar yang berubah-ubah dalam tempo singkat, sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh dan berakibat bayi menjadi sakit.

Terlebih di saat masa pandemi seperti sekarang ini mudah sekali virus menginfeksi tubuh dengan sistem kekebalan yang rendah, apalagi pada bayi yang rentan terkena penyakit. Tentu saja hal ini harus diperhatikan, di saat cuaca tak menentu kesehatan harus dijaga lebih ketat lagi. Minum minuman hangat dan tetap makan adalah cara terbaik, tetapi sangat sulit untuk si kecil. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan si kecil di cuaca tak menentu?

Cuaca yang tak menentu juga membuat si kecil tak nyaman apalagi setelah hujan seketika panas sekali sampai si kecil berkeringat, hal ini bisa membuatnya mengalami ruam atau biang keringat. Selain itu pada kondisi seperti ini banyak penyakit yang bermunculan menyerang anak-anak. Apalagi mereka rentan terkena penyakit, salah satunya flu. Lalu, kita harus bagaimana?

Nah, ini beberapa tips menjaga bayi di cuaca tak menentu:

        1.       Berikan Makanan Bernutrisi

Makanan utama si kecil pasti ASI yang diberikan Bunda karena ASI memiliki sistem kekebalan alami yang dapat meningkatkan imunitas si kecil. Selain itu, juga harus ditunjang makanan bergizi lainnya seperti pure buah, pure sup ayam yang dapat menghangatkan tubuh dan mencegah flu. Pure buah dapat memberikan vitamin kepada si kecil, selain itu pure buah ataupun sup ayam yang sudah dihaluskan mudah dikonsumsi si kecil. Jangan lupa memberi si kecil mineral yang membuat daya tahan tubuh tetap terjaga dan menghindarkan si kecil dari dehidrasi.

        2.       Menjaga Kebersihan

Pastinya menjaga kebersihan rumah sangat penting untuk menghindari adanya kuman di area si kecil bermain. Tidak hanya itu bunda juga harus menjaga kebersihan pakaian si kecil untuk menghindari perkembangbiakan bakteri. Jangan lupa mencuci tangan untuk menghindari kuman berkembang biak dan menyebar.

Baca juga: Cara Tradisional Melatih Bayi Berjalan

        3.       Menjaga Tubuh Bayi Tetap Hangat

Di saat cuaca tiba-tiba berubah dingin dan turun hujan sangat penting untuk menghangatkan tubuh si kecil. Pijat perlahan atau usap dengan lembut bagian tubuh bayi seperti perut, punggung dan telapak kaki bayi dengan minyak kayu putih plus atau minyak telon plus Konicare yang dapat menjaga tubuh bayi tetap hangat dan mencegah kembung serta masuk angin. Gunakanlah pakaian yang agak tebal dan nyaman sehingga bayi tidak menggigil.

        4.       Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah terserang penyakit, sama seperti orang dewasa si kecil juga harus mempunyai waktu yang cukup untuk tidur.

Baca juga: Waspada Makanan Ini, Penyebab Keracunan pada Bayi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Bayi di Cuaca Tak Menentu"

Posting Komentar