Tips Menenangkan Bayi Menangis



Baby AE - Saat bayi menangis bunda selalu menggendong dan mencoba menghiburnya agar diam, tetapi hal itu tidak semudah yang dipikirkan karena si kecil tak langsung diam, bahkan malah keras menangisnya. Tentunya bunda mengupayakan segala cara agar si kecil berhenti menangis, tanpa tahu penyebabnya si kecil digendong dan dibawa keluar sembari membujuknya dengan makanan dan mainan. Saat tangisan semakin keras pastinya bunda panik harus apa dan kehabisan cara, berakhir marah dan membentak si kecil.

Sebenarnya si kecil menangis pasti ada penyebabnya dan bunda harus mengenalinya untuk menenangkannya dengan baik. Bayi bisa menangis karena merasa lapar, merasa lelah, merasa tidak nyaman, sedang sakit, stimulasi berlebihan, merasa kesepian dan bosan, serta terkena kolik. Saat si kecil rewel pasti bunda khawatir dan mencoba menenangkannya, cara mengatasinya cukup mudah jika ditinjau dari beberapa penyebab yang disebutkan di atas, sebagai berikut:

     Baca juga: Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

  • Saat bayi merasa lapar bunda cukup memberinya ASI
  • Jika si kecil mulai malas bermain, sering menguap, lalu menangis berarti si kecil ingin tidur.
  • Si kecil sering merasa tidak nyaman dikarenakan popok yang digunakan basah, kedinginan, atau kepanasan. Saat seperti ini bunda bisa menggendong si kecil karena itu membuat si kecil tidak merasa takut dan berhenti menangis.
  • Jika sedang sakit pun si kecil pasti akan mulai rewel, bunda perlu memeriksa di kecil
  • Bayi bisa menangis karena stimulasi berlebihan, mendengar suara berisik dan banyak orang bunda harus membawanya ke tempat yang lebih tenang
  • Saat si kecil ditinggalkan sendirian duduk pasti akan merasa bosan karena tidak mendapat perhatian, bunda perlu memeluk nih.
  • Kolik adalah kondisi di mana si bayi mengalami pencernaan, hal ini sedikit sulit untuk menenangkannya bunda perlu membawa si kecil ke dokter untuk mengobatinya

Ada pula metode sederhana untuk menenangkan si kecil dan sering dilakukan bunda, nih. Apa saja tuh? Sebagai berikut:

        1.       Sushing

Suara sshhh … bunda pasti sering melakukan ini untuk menenangkan si kecil dengan nada lembut dan menghibur.

Baca juga: Tips Menjaga Bayi di Cuaca Tak Menentu

        2.       Side

Side di sini maknanya posisi menggendong bayi secara menyamping bisa digendong di posisi miring atau paha di atas lengan, di pangkuan, atau letakkan di atas bahu.

        3.       Swaddle

Membedong, bunda harus memastikan agar si kecil tidak menggapai-gapai juga mencegah kejadian si kecil mulai menangis dan rewel. Bunda pun harus menjaga agar bedongan itu aman, sehingga si kecil tidak menggeliat keluar.

        4.       Swing

Setelah dibedong pastinya bunda akan mengayun si kecil, hal ini mengatasi bayi menangis terus, lakukan ayunan dengan lembut dan dengan goyangan seperti menggigil, bergerak bolak-balik tidak lebih dari satu inci ke segala arah.

        5.       Sucking

Mengisap, bunda pasti sering melihat si kecil akan diam dan sangat nyaman saat mengisap jempol.. Hal ini akan membantunya rileks dan tenang, bunda bisa menyiapkan dot untuk si kecil mengisap, nih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menenangkan Bayi Menangis"

Posting Komentar