Perhatikan Fakta Tentang Bayi Baru Lahir Ini!



Baby AE - Si bayi selalu membawa kebahagiaan ke dalam keluarganya sejak baru lahir, banyak hal yang dipersiapkan untuk kedatangan malaikat kecil dalam rumah. Sejak saat itu si kecil membawa hal yang tak terduga dan penuh kejutan, mereka membawa hal-hal baru yang tidak biasa ke suasana dalam rumah. Selain tubuhnya yang mungil dan wajah yang menggemaskan, dan kulitnya yang lembut bayi punya fakta unik tersendiri yang datang secara tak terduga.

Setelah 9 bulan dalam kandungan banyak hal di diri si kecil yang belum sempurna, seiring waktu organ tubuh, panca indera, hingga sistem imun bayi akan terus berkembang hingga sempurna. Oleh sebab itu, bayi baru lahir melakukan banyak hal unik yang terjadi selama beberapa bulan pertama saja. Pastinya hal ini membutuhkan perhatian intens dari ayah dan bunda, nih. Apalagi si kecil punya beberapa fakta unik yang dilakukan bayi baru lahir, yuk simak beberapa faktanya berikut:

        1.       Si Kecil Belajar Bicara Sejak dalam Kandungan

Wah, pasti bunda jarang mengetahui hal ini karena tidak bisa, ya, memantau bayi dalam kandungan. Bayi sudah bisa mendengar suara ibunya dan suara lain di luar kandungan sejak usia 23-24 minggu di dalam kandungan. Bahkan, bagi kebanyakan bayi, suara ibu merupakan suara yang paling mereka sukai. Jadi, tidak heran kalau bayi baru lahir terlihat senang saat mendengarkan ibunya bicara atau bernyanyi. Kesayangannya bunda pasti tidak heran lagi kalau si kecil ini sudah bisa bicara saat umur satu tahun karena sudah belajar sejak di kandungan.

        2.       Menangis Tanpa Air Mata

Ini sangat sulit untuk diketahui karena biasanya menangis dengan air mata, tetapi si kecil tak mengeluarkan air mata saat pertama kali menangis. Hal ini karena kelenjar air mata mereka belum benar-benar berkembang dengan sempurna, sehingga belum dapat memproduksi air mata dalam jumlah yang cukup untuk dikeluarkan ketika menangis. Bayi baru akan mengeluarkan air mata saat menangis ketika usianya sudah lebih dari 3-4 minggu.

Baca juga: Tips Menjaga Bayi di Cuaca Tak Menentu

        3.       Feses pertama si kecil berwarna hijau dan tidak berbau

Feses pertama bayi yang disebut mekonium ini terdiri dari lendir, cairan ketuban, sel kulit, cairan empedu, dan lanugo (rambut halus bayi) yang tertelan oleh bayi sewaktu ia masih dalam kandungan. Feses pertamanya ini juga tidak berbau karena belum terdapat bakteri di usus. Bakteri normal di dalam usus Si Kecil baru mulai tumbuh setelah ia mendapatkan ASI. Dalam beberapa hari setelah bayi menyusui, fesesnya akan mulai berubah warna menjadi hijau, kuning, atau kecokelatan, dengan tekstur yang lebih padat dan berbau layaknya feses pada umumnya.

        4.       Bayi punya banyak tulang lebih banyak dari orang dewasa

Tulang bayi baru lahir berjumlah 300, sedangkan orang dewasa hanya memiliki 206 tulang. Jumlah tulang bayi akan berkurang seiring bertambahnya usia karena beberapa tulangnya yang menyatu.

Baca juga: Cara Tradisional Melatih Bayi Berjalan

        5.       Bayi baru lahir hanya bisa melihat jelas dari jarak yang sangat dekat

Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas benda yang jaraknya 20-30 cm dari wajah mereka. Di luar itu, semuanya masih tampak seperti bayangan samar. Saat usia bayi satu atau dua bulan, bayi baru mampu memfokuskan pandangannya pada mainan atau benda lain yang diletakkan di depan matanya. Namun, saat memasuki akhir bulan ke-3 atau menjelang usia 4 bulan, ia sudah mampu melihat bentuk dan warna benda dengan lebih jelas.

        6.       Lambung bayi baru lahir hanya sebesar kacang kenari

Lambung bayi akan terus tumbuh dan berkembang dengan pesat hingga berukuran sebesar telur ayam saat usianya 2 atau 3 minggu. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan cairannya, susuilah Si Kecil secara teratur dan sering, sampai usianya 6 bulan.

        7.       Perkembangan otak bayi laki-laki berbeda dengan bayi perempuan

        8.       Bayi baru lahir akan tidur hingga 18 jam

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatikan Fakta Tentang Bayi Baru Lahir Ini!"

Posting Komentar