Kenali Gejala COVID-19 Pada Bayi




Baby AE - COVID-19 mayoritas menginfeksi orang dewasa, tak menutup kemungkinan jika bayi juga bisa terkena virus ini. Lalu, apakah gejalanya sama dengan yang terjadi pada orang dewasa umumnya? Jarang terjadi kasus bayi terinfeksi, karena mereka rentan terhadap virus ini. Anggapan itu sering membuat orang tua lalai dan membiarkan anak tanpa perlindungan dari corona melakukan kontak dengan orang lain dan menyentuh benda sembarangan. Terlebih sulit mengetahui gejala yang muncul, karena itu yuk kenali gejala COVID-19 pada bayi.

 
Sudah ada kasus bayi suspect infeksi virus corona di Indonesia, kini ia menjalani perawatan intensif di RSUD Wates, Kulon Progo. Bayi berusia 4 bulan ini sudah dirawat selama dua minggu dengan keluhan demam dan sesak napas. Sekarang kondisinya yang diduga terinfeksi corona mulai membaik dan menunggu hasil tes swab.

Sedangkan di luar negeri, Inggris tepatnya sudah merenggut nyawa bayi berumur 7 minggu. Bayi bernama Curtis dibawa ke rumah sakit setelah karena timbulnya ruam merah, tampak gelisah, dan terlihat sangat lelah setiap tidur malamnya, dan semakin parah di pagi hari.Awalnya dokter mengira gejala yang dialami Curtis hanya akibat sepsis, tetapi saat dilakukan tes swab bayi itu positif COVID-19.

Selain Inggris masih ada kasus kematian bayi karena terinfeksi virus COVID-19, sedih banget, ya Bun kalau dengar berita kematian anak yang baru lahir karena virus ini. Karena itu, yuk kenali gejala COVID-19 pada bayi untuk mengurangi risiko terinfeksi virus ini. Berikut gejala virus corona pada bayi:

  1.  Kesulitan bernapas
  2.  Batuk-batuk
  3. Menolak untuk menyusui
  4. Rewel
  5. Demam tinggi
  6. Sulit tidur

Gejalanya hampir sama dengan COVID-19 pada umumnya, tetapi pada bayi lebih ringan dan sulit dikenali, Karena itu Ibu harus segera memeriksakannya ke rumah sakit bila terjadi gejala seperti yang disebutkan di atas. Sudah kenali gejala COVID-19 pada bayi, yuk kita praktikan langkah mencegah infeksi corona pada bayi, sebagai berikut:

  1. Beri ASI secara rutin, apabila masih mengonsumsinya
  2. Tetap diam di rumah untuk mengurangi interaksi si kecil dengan orang lain
  3. Biasakan mencuci tangan dan memakai hand sanitizer sebelum menyentuh si kecil
  4. Praktikkan protokol COVID-19

    Baca juga: 3 Tips Mencegah Penularan Virus Corona 

    Nah, sudah paham dong langkahnya melindungi si bayi dari corona dan kenali gejalanya. Perlu diingat, virus akan menyerang seseorang dengan imunitas yang lemah, jadi tak risiko teinfeksi pada bayi semakin tinggi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Gejala COVID-19 Pada Bayi"

Posting Komentar