Cara Stimulasi Untuk Bayi Baru Lahir



Baby AE - Stimulasi adalah rangsangan yang dilakukan sejak bayi baru lahir untuk merangsang semua sistem sensorik, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, perasa, dan peraba. Hal ini tentunya harus dilatih pada si kecil sejak dini, karena bayi baru lahir bisa merasa bosan, jika tidak mendapat stimulasi yang menyenangkan. Bunda harus punya ide untuk stimulasi si kecil dengan mengajaknya berinteraksi saat terjaga.

Kesulitan pasti terjadi karena kemampuan si kecil yang masih belum bisa memegang mainan, selain itu untuk bunda tidak mudah untuk menarik perhatian si kecil. Terlebih pekerjaan rumah lainnya masih banyak, ya, Bun. Namun, stimulasi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak apalagi bayi yang baru lahir dengan rentan umur 0-3 bulan. Oleh karena itu, bunda tetap harus memberikan stimulasi yang menyenangkan untuk si kecil. Apa saja stimulasi yang bisa diberikan pada bayi baru lahir? Sebagai berikut:

        1.       Bicara pada bayi baru lahir

Sejak dalam kandungan si kecil bisa mendengarkan suara bunda, karena itu bunda bisa mengajaknya bicara dan berada di dekat si kecil. Hal ini merupakan stimulasi terbaik yang terbukti membawa manfaat bagi perkembangan bayi baru lahir, termasuk bayi dalam kandungan.

Baca juga: Mainan Anak yang Sesuai Dengan Usianya

        2.       Beri Pelukan

Pelukan hangat untuk si kecil selalu diberikan bunda karena kasih sayangnya yang begitu besar, hal ini membawa dampak positif pada stimulasi si kecil. Tidak hanya saat si kecil menangis bunda memberinya pelukan, karena saat menggendongnya dapat menjadi stimulasi penting bagi kedekatan antara bunda dan bayi baru lahir. Apalagi kalau bunda menggendongnya sambil bergerak sesuai irama menjadi stimulasi berupa pijatan atau tarian.

Bunda juga bisa menggendong bayi baru lahir sambil berkeliling untuk memberikan stimulasi penglihatan dan pendengaran terutama saat bunda membawanya berjalan di taman atau keluar rumah. Kalau sudah begini perlu siapkan gendongan yang bisa membuat si kecil nyaman dan aman karena dengan gendongan bunda bisa sambil melakukan pekerjaan rumah yang ringan, tetapi tetap waspada, ya Bunda, jangan sampai si kecil terbentur.

        3.       Memperlihatkan Benda

Bunda harus punya cara nih untuk menstimulasi indra penglihatan si kecil, menarik perhatiannya dengan benda, makanan, minuman, maupun mainan sudah menjadi stimulasi yang sangat penting. Namun, perlu bunda tahu kalau baru lahir penglihatannya buram saat melihat sesuatu dengan jarak 20-30 cm di depannya. Cara praktis untuk memberi stimulasi ini bisa memperlihatkan mainan yang membuat si kecil tertarik. Sebagian besar bayi baru lahir menyukai sesuatu berpola hitam-putih, flash cards, atau buku dengan ragam warna-warni yang menarik. Bunda juga bisa meletakkan mainan khusus bayi baru lahir di tempat tidurnya.

Baca juga: Cara Agar Bayi Cepat Berjalan

4. Memutar musik

Memutar suara atau musik secara bergantian bisa menstimulasi pendengaran si kecil, selain itu bisa membuat si kecil nyaman. Bunda bisa memutar musik rhytmical saat si kecil akan tidur, hal ini membantu membuat si kecil nyaman dan lebih nyenyak saat tidur.

 

 

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Stimulasi Untuk Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar