Makanan yang Sering Menyebabkan Diare pada Si Kecil


Baby AE - Saat si kecil lagi diare, apa yang pertama kali Bunda pikirkan? Biasanya yang pertama kali terlintas di pikiran adalah makanan yang habis dimakan si kecil, karena makanan paling rentan bikin masalah kesehatan. Dalam kondisi begini, biasanya kita panik dan buru-buru ngasih obat buat si kecil. Selain ngasih obat, yang nggak kalah penting dilakukan adalah memperhatikan makanan yang dimakan si kecil, siapa tahu makanan itu bisa menyebabkan diare.

Makanan yang sering kita anggap sebagai kebutuhan pokok ternyata juga berpotensi membawa penyakit lho. Hati-hati ya, Bun. Makanan apa saja sih yang bisa menyebabkan diare? Ini adalah beberapa makanan yang bisa menyebabkan diare.


1. Sambal

Kalau si kecil tipe anak yang suka makan sambal, perlu diperhatikan ya, Bun. Jangan sampai kebiasaan si kecil yang satu ini malah membahayakan tubuhnya. Boleh ngasih makanan pedas buat si kecil, tapi jangan lupa tetap diawasi dan berikan batasan konsumsi makanan pedasnya. Konsumsi makanan pedas yang kelewat batas bisa bahaya buat si kecil.


2. Makanan yang kurang bersih


Makanan yang kurang bersih rentan menyimpan bakteri di dalamnya. Bakteri ini apabila dikonsumsi bisa memicu masalah pada pencernaan seperti diare. Jadi, pastikan si kecil mengonsumsi makanan yang bersih. Apabila makanan nggak habis, simpan dengan baik. Awasi juga saat si kecil jajan di luar, apalagi makanan basah. Pastikan makanan yang dibelinya higenis. Alangkah lebih baik lagi kalau Bunda membuatkan camilan sendiri buat si kecil biar lebih bisa dipastikan kebersihannya.

Baca juga: Makanan yang Bisa Melemahkan Otak Anak


3. Makanan kedaluwarsa

Umumnya, anak-anak sangat suka jajan di toko atau warung. Ini perlu diperhatikan juga ya, Bun. Pastikan jajanan yang dikonsumsi si kecil masih aman dan belum kedaluwarsa. Pastikan untuk mengecek tanggal kedaluwarsa yang tertulis di kemasan makanan. Makanan yang kedaluwarsa rentan ditumbuhi bakteri jahat yang bisa menyebabkan diare.

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Bayi

Nah itulah beberapa makanan yang bisa menyebabkan diare pada si kecil. Tetap jaga kesehatan dimulai dari hal sederhana ya, Mom. Kesehatan dan keceriaan si kecil adalah harta yang tak ternilai. Salam sehat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang Sering Menyebabkan Diare pada Si Kecil"

Posting Komentar