3 Tips Menstimulus Bayi yang Terlambat Berjalan


Baby AE - Masa-masa bayi merangkan sampai bisa jalan adalah masa yang cukup merepotkan. Gimana nggak merepotkan kalau rumah aja bisa jadi kaya kapal pecah. Taplak di lantai, toples di pojok ruangan, barang mendarat sana-sini. Belum selesai berberes, eh udah kacau lagi. Ampun deh, Bun. Kalu udah begini, pastinya nggak bisa sembarangan naruh barang. Lalai dikit aja bisa jadi sasaran si kecil. Kalau cuma barangnya yang hilang sih masih mending, tapi kalau barangnya bahaya buat si kecil beda cerita.

Baca juga: Tips Mendampingi Bayi saat Belajar Merangkak

    Belum cukup sampai di situ. Saat si kecil udah mulai jalan, hampir seluruh waktunya dipakai buat keluyuran kecuali pas lagi tidur. Keaktifannya sering kali membuat pengasuhnya capek karena harus ngikutin setiap pergerakannya. Meski pun mereotkan, tapi kalau si kecil sampai mengalami keterlambatan dalam pertumbuhannya, kita pasti akan panik. Contohnya saat si kecil terlambat berjalan, kita akan berusaha mencari cara untuk mengatasinya agar ia tetap bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak lainnya.

    Lalu gimana sih cara mengatasi keterlambatan berjalan pada bayi? Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk menstimulus si kecil biar cepat jalan. Yuk, simak tipsnya.
Nah itulah tiga tips yang bisa dicoba untuk mengatasi keterlambatan berjalan pada bayi. Semoga bermanfaat, kalau ada tips lain jangan lupa share di kolom komentar, ya.

1. Menuntun

Mengajak si kecil berlatih secara berkala bisa membantu menstimulus kemampuannya. Kita bisa menuntun mereka pelan-pelan. Jangan dipaksakan, tapi harus konsisten. Kita bisa mencoba menciptakan suasana yang menyenangkan biar si kecil merasa nyaman dan semangat saat berlatih.

Saat berlatih, posisikan si kecil menghadap ke depan, kemudian pegang kedua tangannya dari belakang dan bantu melangkah secara perlahan. Menuntun si kecil bisa melatih keseimbangan dan menguatkan ototnya.


2. Batasi durasi menggendongnya

Terlalu sering menggendong si kecil juga bukan hal yang baik. Batasi durasi menggendong si kecil dan ajak ia mandiri. Biarkan si kecil mengenal sekelilingnya, bermain dengan bebas, dan melakukan beberapa gerakan yang bisa mengembangkan kemampuan fisik dan otaknya.

Saat si kecil mulai terlihat lambat berjalan, hindari penggunaan babywalker. Babywalker tidak membuat si kecil cepat berjalan, tapi justru bisa membuatnya cedera kalau kurang hati-hati.

Baca juga: Penggunaan Babywalker Tidak Selalu Aman


3. Biarkan bayi bertelanjang kaki

Membiarkan bayi bertelanjang kaki di dalam ruangan bisa melatihnya untuk berjalan. Kita juga bisa memberikan mainan yang bisa didorong dengan posisi berdiri untuk memperkuat rangsangan.


Nah itulah tiga tips yang bisa dicoba untuk mengatasi keterlambatan berjalan pada bayi. Semoga bermanfaat, kalau ada tips lain jangan lupa share di kolom komentar, ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Menstimulus Bayi yang Terlambat Berjalan"

Posting Komentar