3 Tips Aman Mencukur Rambut Bayi



Baby AE - Memiliki bayi yang sehat dan menawan adalah impian setiap orang. Sangat wajar kalau orang tua begitu protektif dalam menjaga kesehatan bayi mereka serta menjaga penampilannya agar tetap kelihatan lucu dan menggemaskan. Karena tubuhnya yang masih begitu sensitif, Bunda harus hati-hati saat melakukan apa pun padanya, ya. Jika kurang hati-hati, bukan nggak mungkin bayi bisa terluka. Apalagi kalau sambil membawa benda yang tergolong tajam, harus lebih ekstra hati-hati.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah adalah mencukur rambut. Mencukur rambut si kecil ternyata susah-susah gampang, lho. Saat mencukur rambut si kecil, perpaduan antara benda tajam dan pergerakan spontan si kecil harus diwaspadai. Nah, gimana sih cara yang aman buat mencukur rambut si kecil Yuk, kita simak tipsnya.


1. Siapkan perlengkapan cukur yang steril

Langkah pertama adalah siapkan perlengkapan mencukur yang bersih. Bunda bisa siapkan pisau cukur, gunting, dan handuk. Siapkan juga perlengkapan tambahan yang mungkin bakal dibutuhkan seperti air hangat, bedak bayi, tisu, kapas, alkohol, dan cairan antiseptik. Siapkan semua perlengkapan di ruangan yang terang dan nyaman.

Baca juga: 4 Tips Agar Rambut Bayi Tumbuh Lebat


2. Biarkan si kecil tertidur dahulu

Sebelum mulai mencukur, lebih baik buat si kecil tidur dulu. Saat tidur, tentunya si kecil akan diam tanpa gerakan. Jadi, lebih memudahkan Bunda untuk mencukur rambutnya. Perkirakan juga durasi tidur si kecil, seberapa lama biasanya si kecil tidur. Ini penting untuk memastikan si kecil nggak bangun sebelum proses cukur rambut selesai.


3. Gendong atau letakkan si kecil di tempat yang aman

Setelah perlengkapan siap dan si kecil sudah tidur, proses cukur rambut bisa dimulai. Bunda bisa menidurkan si kecil atau tetap menggendongnya, tergantung bagaimana nyamannya. Kalau si kecil gampang gerak atau cepat bangun kalau diturunkan dari gendongan, lebih baik digendong dulu sampai selesai dicukur. Dengan begitu, proses mencukur nggak akan terganggu dengan gerakan si kecil. Pastikan juga untuk mencukur bayi di tempat yang sejuk agar banyi tetap merasa nyaman.

Baca juga: Tips Menggendong Bayi yang Benar


Nah itulah 3 tips aman saat Bunda mau mencukur rambut bayi. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Aman Mencukur Rambut Bayi"

Posting Komentar