Tips Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Bayi


Baby AE - Saat dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, bayi aktif untuk mencari tahu banyak hal. Nggak cuma belajar mengambangkan kemampuan fisiknya, tapi juga belajar mengenal dunia sekitarnya. Mulai dari yang sederhana seperti melihat benda atau objek yang ada di dekatnya, mendengar suara-suara, sampai mengenal orang-orang dan lingkungan sekitarnya.

Seiring bertambahnya usia, keaktifannya pun semakin meningkat. Saat-saat seperti merupakan momen yang sangat bagus buat mengasah kemampuan si kecil. Kita bisa memanfaatkan momen ini untuk mengajari mereka banyak hal, termasuk mengajarkan dan mengenalkan si kecil pada lingkungan sekitarnya. Namun harus ingat, untuk mengenalkan sesuatu pada si kecil harus dilakukan secara bertahap. Pelan-pelan dan jangan terlalu dipaksakan. Nah gimana sih langkah-langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengajarkan si kecil mengenal dunia sekitarnya? Yuk simak tipsnya.

1. Kenalkan nama-nama benda yang disukai si kecil

Biasanya si kecil suka meraih dan memegang benda-benda yang ada di sekrlilingnya, nggak jarang pula ada benda-benda tertentu yang jadi favoritnya. Saat mereka memegang sesuatu, sebutkan nama benda yang mereka pegang dan ajak mereka untuk menirukannya. Meskipun sederhana, tapi jika dilakukan secara rutin mereka perlahan akan mulai mengenalinya.

Baca juga: Tips Membuat Arena Bermain Bayi di Rumah

2. Ajarkan bersalaman dengan mencium tangan

Latihlah si kecil untuk bersalaman dan mencium tangan orang yang lebih tua, terlebih orang tuanya sendiri. Raihlah tangan si kecil dan arahkan punggung tangan ke wajah si kecil. Membiasakan hal ini sejak dini bisa menumbuhkan sikap sopan santun si kecil.

3. Kenalkan pada orang-orang sekitar.

Saat keluarga atau saudara sedang menimang atau menggendong anak kita, biasakan untuk menyebutkan panggilannya. Seperti kakak, tanta, om, bibi, dan lain-lain. Mengajarkan hal ini pada si kecil bisa membuat mereka mencoba mengenali siapa orang yang sedang berada di dekatnya. Semakin sering mengenalkan anak, maka anak lebih cepat mengenali orang-orang di sekitarnya.

Baca juga: Tips Mendampingi Bayi Saat Belajar Merangkak

Nah itulah 3 tips sederhana untuk mengenalkan si kecil pada lingkungan sekitarnya, baik itu benda maupun orang. Selamat mencoba, dan jangan lupa share pengalaman di kolom komentar ya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Bayi"

Posting Komentar