Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi


Baby AE - Sariawan adalah salah satu bentuk infeksi yang sering terjadi. Sariawan bisa disebabkan kurang vitamin maupun luka di mulut. Tak hanya orang dewasa saja, ternyata sariawan juga bisa terjadi pada bayi. Tak jarang bayi menjadi susah makan dan minum serta mengalami rewel saat sedang mengalami sariawan.

Baca juga: Cara Membuat Bedak Dingin untuk Bayi

Bagi orang dewasa, mengatasi sariawan bisa dibilang cukup mudah. Cukup diberikan obat atau mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyembuhkan sariawan. Namun, lain halnya dengan bayi. Mengatasi sariawan pada bayi tentu tidak sama dengan mengatasi sariawan yang terjadi pada orang dewasa. Lalu bagaimana sih caranya mengatasi sariawan pada bayi? Yuk simak tipsnya

1. Berikan Makanan Bertekstur Lembut


Baca juga: 3 Pure Buatan Sendiri yang Aman dan Bermanfaat

Sariawan terjadi karena adanya luka yang terjadi di daerah mulut. Baik itu di bibir, lidah, dan beberapa bagian lainnya. Untuk memudahkan dan mengurangi rasa sakit saat makan, berikan si kecil makanan yang bertekstur lembut. Makanan yang lembut bisa mengurangi gesekan dengan bagian yang luka sehingga meminimalisir terjadinya rasa sakit dan tidak menimbulkan luka yang lebih parah. Kita bisa memberinya bubur, pisang atau pepaya yang sudah dilumatkan, dan makanan-makanan lain yang sudah dilembutkan.

2. Beri Minum Sedikit Demi Sedikit tapi Sering

Kurang minum air putih ternyata bukan cuma bisa menyebabkan dehidrasi, tapi juga menyebabkan sariawan. Kurang minum air putih membuat mulut kering sehingga gampang terjadi iritasi dan infeksi bakteri. Untuk mengatasinya, harus sering-sering minum air putih. Kalau si kecil termasuk anak yang kurang suka minum air putih, berikanlah ia minum sedikit demi sedikit tapi sering. Dengan begitu kebutuhan air putih si kecil tetap terpenuhi.

3. Kompres dengan Es Batu

Sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu bisa meredakan nyeri yang ditimbulkan karena sariawan. Selain itu, es batu juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. Saat mengompres, hindari menekan kompres terlalu keras. Selain akan membuat sakit, menekan kompres terlalu keras juga bisa menimbulkan luka baru.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Bayi yang Mudah Rewel

Nah itulah cara mengatasi sariawan pada bayi, jangan lupa untuk memberikan asupasn makanan dan vitamin yang cukup ya agar si kecil tetap sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Sariawan pada Bayi"

Posting Komentar