3 Perhatian Khusus untuk Bayi yang Belajar Berjalan


Baby AE - Semakin bertambahnya usia si kecil, semakin banyak pula hal yang harus diperhatikan. Hal ini karena si kecil perlu lebih banyak ruang dan stimulus agar proses tumbuh kembangnya berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Salah satu contohnya adalah saat si kecil sudah mulai bisa merangkan kemudiah disusul dengan proses pertumbuhan dan perkembangan berikutnya.

Baca juga: Tips Mendampingi Bayi saat Belajar Merangkak

Setelah melewati tahapan merangkak, tahapan tumbuh kembang bayi selanjutnya adalah belajar untuk berdir i dan berjalan. Saat mulai belajar berjalan, pergerakan si kecil akan semakin aktif dan lebih lincah lagi. Tentunya bunda harus siap tenaga ekstra buat mendampingi aktivitas si kecil. Di tahapan ini ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan demi keamanandan kenyamanan si kecil. Apa sajakah itu? Yuk kita simak.

1. Arena untuk Berjalan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah arena atau tempat di mana si kecil belajar berjalan. Sebelum menempatkan si kecil, pastikan dulu keamanan tempat yang akan digunakan. Syarat tempat yang ideal adalah datar dan cukup luas, sehingga si kecil bisa belajar berjalan tanpa khawatir akan tersandung atau menabrak sesuatu. Pastikan juga tempat untuk berjalan tidak licin untuk meminimalisir kemungkinan cedera si kecil.

Baca juga: Tips Membuat Arena Bermain Bayi di Rumah

2. Benda-Benda yang Ada di Sekitar

Selain tempat yang datar dan luas, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah benda-benda yang ada di sekitar. Sifat alamiah si kecil yang mudah tertarik dengan hal-hal baru memungkinkan mereka untuk meraih apa saja yang dilihatnya. Saat mulai bisa berjalan, mereka bisa lebih mudah menjangkau benda-benda yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu pastikan tempat sekelilingnya bebas dari benda-benda berbahaya dan berharga seperti, dokumen, aneka keramik, benda-benda tajam, dan juga obat-obatan. Pastikan juga di sekeliling si kecil tidak ada benda-benda elektronik.

3. Pengawasan Ekstra

Tempat yang datar, luas dan bebas dari benda-benda berbahaya serta berharga saja masih belum cukup. Imbangi juga dengan pengawasan ekstra. Seaman apapun tempat berlatih si kecil, tetap saja harus diperhatikan karena di saat-saat seperti ini si kecil rentan akan bahaya. Jangan pernah tinggalkan si kecil sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Tips Merawat Bayi Kembar

Nah itulah 3 perhatian khusus yang wajib diberikan pada bayi saat mereka belajar berjalan. Yuk dukung dan lindungi tumbuh kembang si kecil dengan cara yang tepat.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Perhatian Khusus untuk Bayi yang Belajar Berjalan"

Posting Komentar