Tips Membuat Arena Bermain Bayi di Rumah

Baby AE - Bagi anak-anak, bermain adalah salah satu kebutuhan pokok. Bermain adalah naluri alami anak-anak. Sejak usia 2 bulan, mereka sudah mulai merespon dan memainkan benda-benda di sekitarnya baik itu guling, pakaian, bahkan jari jemari ibunya, wah lucu sekali kan. Di usia 0-2 tahun, si kecil membutuhkan mainan yang nggak cuma sekedar bisa membuatnya terhibur, tapi juga melatih pertumbuhan dan perkembangan mereka. Selain 2 aspek itu, dalam memberikan mainan untuk si kecil, keamanan dan kenyamanan juga tetap harus diperhatikan.

Baca juga: Tips Memilih Mainan yang Aman untuk Bayi

Ngomongin tentang mainan bayi, kita bisa lho membuat arena bermain untuk mereka sendiri di rumah. Kan bayi masih kecil, mana butuh arena bermain? Hmmm siapa bilang, meskipun masih kecil dan belum bisa leluasa bergerak, tapi kita tetap bisa lho buat arena bermain sederhana yang bisa membuat si kecil nyaman saat bermain. Sebelum membuat arena bermain si kecil di rumah, yuk simak tips ini dulu.

1. Gunakan kerodong bayi

Buat si kecil yang masih belum leluasa bergerak, kita bisa memanfaatkan kerodong Bayi buat arena bermain mereka. Kita bisa taruh beberapa mainan kecil yang digantung pada kerodong, tapi jangan yang berat-berat ya nanti bisa rusak kerodongnya. Gantungkan mainan agak ke bawah, meskipun si kecil belum bisa meraihnya tapi meraka akan meresponnya dengan cara lain. Misalnya memandangi, mengajak tersenyum, atau mengajak berbicara mainannya.

2. Tenda Anak

Baca juga: Tips Mendampingi Bayi saat Belajar Merangkak

Siapa bilang tenda cuma dipakai buat camping aja, tenda juga punya kegunaak lain lho. Kita bisa memanfaatkan tenda buat arena bermain si kecil yang udah bisa merangkak. Kita bisa memasang tenda di dalam atau halaman rumah, dan letakkan beberapa mainan si kecil di dalamnya secara berjarak. Biarkan si kecil menghampiri mainannya sendiri. Dengan begitu kemampuan merangkak si kecil terus terasah, dan yang pasti ngurangin capek kita hehe.

3. Aula/ruang keluarga

Bagi bayi yang lagi belajar atau baru bisa berjalan, mereka perlu tempat yang lebih luas buat bermain. Pasti nggak mungkin dong pake kerodong atau tenda, sekali tendang bisa roboh nanti. Buat si kecil seusia ini, kita bisa mendesain ruang keluarga jadi arena bermain anak. Selain murah meriah cara ini juga aman karena di dalam rumah sendiri.

Baca juga: 3 Tips Mengatasi Bayi yang Mudah Rewel

Gimana, tertarik? Selamat mencoba dan jangan lupa share pengalamannya di kolom komentar ya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membuat Arena Bermain Bayi di Rumah"

Posting Komentar