4 Tips Aman Saat Si Kecil Belajar Tengkurap


Baby AE - Saat bayi pertumbuhan dan perkembangan terjadi sangat pesat. Seseorang memulai kemampuan dasarnya di usia ini. Saat usia 1-2 bulan bayi mulai belajar merespon apa yang dia dengar dan lihat. Coba aja deh Bunda menimang si kecil, pasti dia akan menatap Bunda dan mencoba mendengarkan suara yang Bunda ucapkan. Menggemaskan sekali kan hehehe. Menjelang usia 3 bulan si kecil akan mulai belajar miring sampai tengkurap. Nah di momen ini pengawasan harus lebih baik nih, soalnya si kecil sudah mulai belajar bergerak. Gimana sih cara yang aman mengasuh si kecil yang lagi belajar tengkurap? Yuk simak bareng-bareng.

Baca juga: Tips Agar Bayi Bisa Tengkurap

1. Tingkatkan pengawasan.

Si kecil sudah mulai belajar bergerak jadi pastikan selalu mendapatkan pengawasan ya Bun. Jangan pernah meninggalkan si kecil saat dia masih terjaga. Bunda baru boleh meninggalkannya untuk beraktivitas lainnya saat si kecil tidur, tapi ingat meskipun si kecil lagi tidur tapi harus sering-sering ditengok ya Bun. Siapa tau si kecil tiba-tiba bangun dan nggak nangis, tapi taunya dia sudah mulai bergerak-gerak.

2. Baringkan di tempat yang datar dan luas.

Bunda bisa menempatkan si kecil di kasur lantai yang nggak begitu tebal atau tinggi. Selain itu tempat untuk membaringkan si kecil juga harus cukup luas. Tujuannya adalah agar si kecil bisa leluasa belajar bergerak, miring dan tengkurap dengan aman. Tanpa takut si kecil akan terjatuh saat berada di pinggiran alas tidur. Jangan lupa tetap lakukan pengawasan ya.

Bahaya Bayi Tidur Menggunakan Bantal

3. Pastikan tempat sekeliling bersih dari benda apapun.

Nah selain tempat yang luas, pastikan juga di sekeliling si kecil tidak ada benda atau mainan yang mengganggu. Kalau si kecil tengkurap dan menindih mainan atau benda lain kan kasian tubuhnya yang masih kecil, pasti sakit dong ya. Kalau Bunda mau menggunakan mainana untuk menstimulus si kecil boleh kok, tapi agak jauhan ya yang sekiranya nggak bakal mengganggu pergerakan tubuh si kecil.

4. Jangan biarkan si kecil tengkurap setelah menyusu.

Nah ini juga penting. Kalau si kecil baru minum susu jangan biarkan dia tengkurap ya Bun. Ini bisa menyebabkan perut si kecil tertekan dan muntah. Jadi beri jeda waktu beberapa saat dulu sebelum si kecil mulai beraksi.

Baca juga: Cara Agar Bayi Cepat Berjalan

Nah itu tadi tips aman yang bisa dilakukan saat si kecil belajar tengkurap. Nah gimana tips dari Bunda yang lain? Share di kolom komentar ya....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Aman Saat Si Kecil Belajar Tengkurap"

Posting Komentar