3 Tips Memilih Sufor yang Aman untuk Bayi

Bayi yang baru lahir tentunya belum bisa mengonsumsi apapun selain susu. Umumnya bayi yang baru lahir akan diberikan Air Susu Ibu (ASI), momen menyusui merupakan momen yang membahagiakan bagi sang ibu. Menyusui bayi juga bertujuan untuk mempererat ikatan batin antara ibu dan anak. Normalnya ASI sudah keluar beberapa saat sebelum melahirkan, nah tapi buat beberapa ibu ASInya nggak lancar nih. Bahkan ada yang  nggak keluar sama sekali. Kalu sudah kaya gini pilihan terakhir adalah memberi susu formula (sufor) untuk si buah hati.

Baca juga: Ciri-Ciri ASI Perah yang Basi

Memilih sufor buat bayi nggak cuma disebabkan karena ASI yang nggak mau keluar loh moms. Para ibu yak sibuk bekerja dan cuma bisa menyusui bayinya malam hari saja biasanya memberikan sufor untuk diminum si kecil di pagi sampai sore hari. Nah meski bisa membantu tapi nggak semua sufor bisa diberikan ke si kecil loh moms. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan sufor untuk si kecil. Nah gimana cara memilih sufor yang baik buat si kecil? Yuk simak tipsnya.

1. Pilih Jenis Susu

Mungkin kita taunya susu berasal dari sapi, tapi ada juga susu yang dibuat dari bahan dasar kedelai. Kenali dulu apa kebutuhan si kecil. Kalau kondisi si kecil normal kita bisa pilih susu sapi untuknya. Susu sapi dinilai sangat bagus untuk membantu memenuhi nutrisi bayi yang seharusnya didapat dari ASI. Namun kalau bayi kita alergi sama susu sapi, kita bisa pilih sufor yang terbuat dari kedelai. Sebenarnya manfaat susu kedelai nggak jauh beda dari susu sapi, hanya kebanyakan orang mengenal susu dari sapi sehingga susu kedelai menjadi pilihan kedua.

Baca juga: Penyebab Bayi Sering Gumoh

2. Pilih Jenis Protein

ASI mengandung 2 jenis protein yaitu wheysebanyak 60% dan casein sebanyak 40%. Dalam memilih sufor untuk bayi pastikan mengandung 2 protein itu agar manfaatnya tidak jauh berbeda dengan ASI. Protein whey lebih mudah dicerna oleh si kecil, jadi disarankan untuk meilih sufor yang protein wheynya tinggi.

3. Pilih Sesuai Usia

Setiap sufor memiliki komposisi vitamin yang berbeda-beda sesuai tingkatan usia. Jadi pastikan memberinya yang sesuai dengan usianya ya moms agar cocok dan nggak malah menimbulkan efek buruk.

Baca juga: Selektif dalam Memilih Makanan untuk Bayi

Nah gimana moms? Meskipun terbilang mudah tapi tetap harus diperhatikan ya demi kesehatan si kecil. Apakah di sini ada yang pernah memberi sufor untuk si kecil? Share pengalamannya di kolom komentar ya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Memilih Sufor yang Aman untuk Bayi"

Posting Komentar