Perlu atau Tidak Mencukur Rambut Bayi?



Baby AE - Bayi yang pertama lahir apakah harus dicukur rambutnya? Jadi penjelasannya, menurut medis bayi yang baru lahir tidak diharuskan dicukur. Namun, menurut agama islam mencukur rambut bayi adalah sunah, jadi jika dikerjakan akan mendapat pahala apabila ditinggalkan tidak apa-apa. Dalam islam, oang tua disunahkan menimbang rambut bayi yang baru lahir dan memberikan sedekah sesuai dengan beratnya.

Baca juga:  Adat Jawa pada Bayi Usia 7 Bulan


Manfaat lain mencukur rambut menurut medis, rambut yang dicukur tidak mempengaruhi ketebalan rambut di masa depan bayi kelak. Rambut yang tumbuh baru akan tetap mengikuti folikel yang berada di bawah kulit kepala. Jadi, meskipun dicukur rambut bayi akan tumbuh seperti awal rambut bayi. Namun, mencukur rambut juga memiliki manfaat baik lainnya. Mencukur rambut bayi hingga pelontos akan membersihkan lemak dan zat-zat sisa dari rahim ibu yang mungkin terbawa bayi saat dilahirkan.

Mencukur bayi hingga gundul juga membuat bayi merasa lebih adem, apalagi kita tinggal di Indonesia yang daerahnya tropis. Jadi, bayi akan merasa dingin dan tidak gampang gerah. Membersihkan rambut yang gundul juga menjadi lebih mudah.

Baca juga: 3 Olahan Sayur Sehat untuk Ibu Hamil

Langkah-langkah mencukur rambut:



·         Sebelum mencukur rambut bayi, sebaiknya basahi rambut dan bersihkan terlebih dahulu.

·         Tetap tenang saat melakukan ini, apabila Anda tidak berani melakukan ini sebaiknya menyuruh orang lain.

·         Pangku bayi dalam posisi tiduran .

·         Bunda dapat memegang kepala yang beralaskan handuk.

·         Jika sudah dalam posisi yang benar, langsung saja menggunting rambut bayi dengan hati-hati. Disarankan untuk menggunting rambut bayi bagian yang panjang dulu.

·         Setelah dicukur, bersihkan kepala bayi menggunakan air hangat. Jika terjadi goresan pada kepala bayi, tidak perlu khawatir cukup beri penanganan pertama dengan menggunakan antiseptik.

Baca juga: 5 Imunisasi Penting Bagi bayi

Nah, itu tadi pembahasan mengenai cukur rambut pada bayi yang baru lahir. Apabila rambut bayi sudah tumbuh setelah beberapa hari, gunakan shampo yang aman bagi bayi. Rawat rambut bayi sejak dini supaya kelak tumbuh subur dan sehat. Beri pijatan yang lembut saat memandikan bayi. Perlu diingat meskipun rambut bayi sudah dicukur, bunda harus tetap memperhatikan kebersihan kulit kepala bayi.

Sumber gambar: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perlu atau Tidak Mencukur Rambut Bayi?"

Posting Komentar