Haruskah Bayi diberi Sarung Tangan?



Baby AE - Bayi yang baru lahir memang membutuhkan perawatan yang khusus dan sangat berhati-hati. Ibu yang baru memiliki bayi tentu menghawatirkan mengenai kesehatan dan keamanan bayi. Bayi yang baru lahir sangat rentan terkena benda apapun disekitarnya, hal ini yang membuat para ibu takut pada keamanan bayi. Kebanyakan ibu memilih memakaikan sarung tangan untuk melindungi bayi. Namun, sayangnya pilihan ini belum tentu benar sepenuhnya.

Baca juga:  Adat Jawa pada Bayi Usia 7 Bulan

Sebenarnya sarung tangan bukanlah hal yang wajib digunakan untuk bayi. Sebab, benda ini sangat jarang sekali untuk dibutuhkan. Mungkin ibu beranggapan bahwa memakaian sarung tangan pada bayi akan melindungi dari bahaya benda sekitar atau kedinginan. Tangan pada bayi yang berwarna kebiruan bukanlah kedinginan, tetapi hal ini menandakan bayi normal. Selama bayi tidak menangis atau rewel berartibayi dalam keadaan aman.



Lalu apakah bayi tidak boleh menggunakan sarung tangan? Boleh, tetapi menggunakan sarung tangan harus seusai dengan batas usia yang ditentukan. Batas usia yang ditentukan yaitu hingga usia 2 bulan, bayi yang sudah berusia di atas 2 bulan ini umumnya sudah bisa menggenggam jari ibu, meraih benda sekitar, atau memegang mainan yang diberikan. Nah, kalau sudah 2 bulan keatas ibu tidak perlu menggunakan sarung tangan ketika bayi sudah bisa beraktivitas. Bayi yang dipakaikan sarung tangan ketika beraktivitas, akan membatasi dan menghalangi kegiatan motorik bayi, seperti menggunakan indera peraba untuk mengesplor dunianya sendiri dan mengenalkan pada otak.

Baca juga: Bagaimana cara Ibu Menjaga Janin agar Bisa Tumbuh Kembang dengan Baik?


Sentuhan langsung pada kulit bayi sebenarnya sangat bermanfaat bagi bayi. Memakaikan sarung tangan pada bayi saat tidur ini boleh dilakukan. Apabila ibu khawatir mengenai kuku bayi yang panjang akan menggores pipinya, sebaiknya ibu memotong kuku bayi. Kuku bayi tumbuh lebih cepat daripada orang dewasa. Maka dari itu, memakaikan sarung tangan pada bayi kerap menjadikan ibu lupa untuk memotong kuku bayi. Jadi, memakaikan sarung tangan pada bayi aman-aman saja, tetapi jangan terlalu sering dan ingat batasan usianya. Jangan sampai hal ini akan membatasi anak untukmengeksplor benda yang ada disekitarnya. Jangan lupa juga jaga kebersihan bayi, seperti memberi tisu basah pada tangan bayi sehabis beraktivitas, agar bayi tetap terjaga ya, Bu.

Baca juga:  5 Imunisasi Penting Bagi bayi

Sumber gambar: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Haruskah Bayi diberi Sarung Tangan?"

Posting Komentar