Bolehkah Bayi Memakai Masker dan Bagaimana Pencegahannya?



Baby AE - Di musim pendemi seperti ini memang menghawatirkan. Himbauan untuk mencegah penularan virus adalah menggunakan masker. Nah, pasti orangtua yang memiliki bayi tentu menghawatirkan hal ini. Bolehkan bayi diberikan masker? Jawabannya adalah bayi yang masih berusia di bawah 2 tahun dilarang, karena bayi yang masih di bawah 2 tahun akan kesulitan untuk bernafas. Sementara itu masker dianjurkan untuk anak berusia di atas 2 tahun dengan pengawasan orangtua.

Baca juga: 3 Pure Buatan Sendiri Aman dan Bermanfaat

Virus corona bisa menyerang siapa saja. Laki-laki atau wanita, kecil atau dewasa, serta kaya atau miskin. Virus ini akan menyerang, bahkan pada bayi pun virus bisa menyerang. Sejumlah anak pada beberapa negara terjangkit virus corona, meskipun jumlah yang terpapar tidak banyak, hal ini perlu diwaspadai. Kondisi bayi yang masih berusia di bawah 5 tahun lebih rentan terserang virus ini, karena sistem imun pada bayi masih belum memadai. Selain itu, saluran pernafasan bayi juga belum sempurna seperti orang dewasa.


Baca juga:  4 Faktor Obesitas pada Bayi

Bayi yang masih berusia di bawah 5 tahun lebih rentan terserang, lalu bagaimana cara mencegah agar bayi tidak tertular virus, jika tidak boleh menggunakan masker atau penutup wajah lainnya?

Cara mencegah bayi tertular virus:

1.       Untuk mencegah anak tertular dari virus corona, Ikatan Dokter Anak Indonesia menganjurkan agar anak-anak tetap berada di dalam rumah.

2.       Untuk orangtua atau orang lain yang habis berpergian, hendaknya mandi terlebih dahulu sebelum menyentuh anak. Bersihkan seluruh pakaian, alas kaki, telepon genggam, atau barang-barang lainnya yang mungkin akan dibuat mainan anak.

3.       Jika diperlukan untuk berpergian keluar rumah, bayi harus dalam pengawasan ketat.

4.       Jika bayi di gendong, arahkan wajah bayi ke arah gendongan.



5.       Mencegah bayi dari penularan virus corona memang harus benar-benar diperhatikan, batasi kontak publik saat berpergian.

6.       Sampai rumah tangan, baju, atau semua yang habis dibawa berpergian harus dicuci.

 Baca juga:  Kenali Outfit Keren untuk Bayi, yuk!

Nah, mengingat cara yang digunakan untuk mencegah tertular paparan virus sangat sulit, cara yang paling tepat adalah tetap di rumah. Jangan bawa anak keluar jika tidak ada kepentingan khusus, seperti imunisasi, pergi priksa, atau hal lain yang sangat penting. Tetap jaga kebersihan dan pola hidup yang sehat agar keluarga tidak terjangkit virus ini.

Sumber gambar: Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bolehkah Bayi Memakai Masker dan Bagaimana Pencegahannya?"

Posting Komentar