Bagaimana cara Ibu Menjaga Janin agar Bisa Tumbuh Kembang dengan Baik?

Baby AE -



 

Bagi seorang ibu yang belum memiliki keturunan, kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinantikan. Sehingga setiap ibu apabila dikaruniai bisa hamil patut disyukuri. Namun, bagaimana cara mensyukuri nikmat pemberian Tuhan tersebut? Ibu harus berhati-hati dalam menjaga kandungannya.

Berikut faktor yang mempengaruhi kesehatan

1.      * Perilaku

Perilaku merujuk pada sikap dan pengetahuan. Salah satu bentuk perilaku adalah gaya hidup (lifestyle). Perilaku ini terwujud dalam kebiasaan sehari-hari. Bagaimana kebiasan kita mulai dari bangun sampai tidur kembali, misalnya kebiasaan makan, minum, olahraga, dan istirahat. Perilaku yang sehat juga mempengaruhi tingkat kesehatan ibu dan janin. Pola makan yang tidak teratur seperti mengkonsumsi junk food, dan makanan yang mengandung bahan aditif berlebihan memiliki resiko gangguan kesehatan dikemudian hari.

Baca juga:  Manfaat Ibu Hamil Mendengarkan Musik

Sementara itu, perilaku yang sehat harus dibiasakan ibu sejak usia janin 0, misalnya konsumsi makanan, minuman yang sehat dan seimbang, banyak minum air putih, olahraga rutin dan tidak berlebihan. Olah raga yang bisa diikuti ibu hamil, misalnya berjalan, berenang, yoga, dan senam.  Pola hidup yang seperti ini kemungkinan besar akan terhindar dari gangguan kesehatan. Namun, tidak kalah penting perilaku beribadah juga sangat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan ibu dan janin.

 

2.       * Lingkungan



Faktor lingkungan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi ibu dan janin. Ibu harus selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). PHBS bisa diterapkan oleh ibu seperti  rajin mandi menjaga lingkungan rumah agar selalu bersih . Lingkungan juga bisa berwujud perilaku orang-orang yang ada di sekitar ibu.

Ibu hendaknya mendapatkan kesempatan yang luas untuk berinteraksi dengan orang-orang yang memberikan suasana nyaman, bebas dari tekanan atau stres terutama dukungan dari orang terdekat, yaitu suami dan keluarga. Ibu juga harus menghindari asap rokok apalagi mengkonsumsinya karena  kebiasaan buruk tersebut dapat menyebabkan risiko, seperti keguguran, kecacatan dan lahir mati.

 Baca juga: Solusi Mengatasi Badan Bengkak Setelah Melahirkan

3.       * Pelayanan kesehatan



Ketersediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas akan mempengaruhi kesehatan, keselamatan ibu dan janin. Jadi, setiap ibu harus rajin memeriksakan kandungannya ke layanan kesehatan terdekat. Misalkan, Bidan desa dengan mengikuti imunisasi secara rutin, seperti timbang berat badan , memeriksakan tekanan darah,  dan pemeriksaan puncak rahim untuk menentukan usia kehamilan.

Jadi, jika ibu hamil mendapatkan pola hidup yang benar besar kemungkinan ibu sehat bayi lahir selamat.

Baca juga:  Rahasia Tetap Tampil Cantik

Kalian juga bisa banget loh menambahkan informasi maupun pengalaman pribadi di kolom komentar, karena tidak ada salahnya kita berbagi ilmu. Sudah dulu ya, jangan lupa jaga kesehatan dan selalu bahagia. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana cara Ibu Menjaga Janin agar Bisa Tumbuh Kembang dengan Baik?"

Posting Komentar