3 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Baby AE -Halo, bagaimana kabarnya teman semua? Semoga baik-baik saja dan selalu diberi perlindungan dari segala macam penyakit. Oh iya, berbicara mengenai penyakit nih, sekarang kan lagi gempar-gemparnya virus corona. Benar sekali, virus yang pertama kali muncul di Wuhan ini memang membuat kehidupan kita menjadi berbeda dari biasanya. Mulai dari bekerja dari rumah, belajar dari rumah, menghindari kerumunan, dan masih banyak lagi.

Namun, himbauan tersebut memiliki dampak besar terhadap kelangsungan hidup kita.  Dengan cara tersebut kita bisa ikut membantu memutus rantai penyebaran virus corona ini. Selain itu, kita juga melindungi keluarga kita dari bahayanya virus tersebut.

Memang sudah cukup lama kita dihimbau untuk tetap berdiam diri di rumah. Bosan? Pasti semua orangakan merasakan hal tersebut, begitu pula dengan saya. Jalan-jalan untuk sekedar menghilangkan stres, bertemu dengan teman-teman, berkumpul dengan saudara jauh, hmm saat ini hanya akan menjadi hayalan.

Selama berdiam diri di rumah kita pasti akan merasa jenuh, bahkan stres karena pekerjaan dan tugas yang lebih numpuk dari biasanya. Belum lagi adanya rasa takut dan khawatir mengenai penyebaran virus yang begitu mudah dan cepat. Beberapa hal tersebut beresiko besar bisa menggangu kesehatan mental kita. Tetap perlu diingat untuk saat ini bukan hanya kesehatan fisik yang perlu kita jaga, kesehatan mental juga tidak kalah pentingnya.


Saya pribadi memiliki beberapa kebiasaan untuk menjaga kesehatan mental saya, sekaligus bisa menenangkan hati dan fikiran saya ketika mendapat masalah. Berikut ini beberapa hal yang biasa saya lakukan :

1. Berusaha menerima kenyataan




Dengan cara kita ikhlas menerima kenyataan yang terjadi kepada diri kita, pasti hati dan fikiran kita akan jauh lebih tenang. Ketika hati dan fikiran kita sudah tenan, kita akan lebih mudah untuk mecari jalan keluar dari permasalahan tersebut. Kita juga bisa terhindar dari keterpurukan.

2. Berbagi cerita kepada orang lain


Memendam rasa sakit meskipun terdengar sepeleh, tapi bisa berakibat fatal loh. Orang yang terlalu sering memendam perasaan berpotensi besar mengalami penyakit, baik itu secara fisik dan terlebih lagi secara mental. Maka dari itu, setidaknya kita harus memiliki teman untuk kita berbagi cerita. Mskipun tidak ada solusi yang kita dapatkan, setidaknya kita bisa merasa sedikit lebih lega karena sudah mengeluarkan sebagian dari masalah kita.

3. Menjaga pola tidur


Tidurlah secara nyenyak sekitar tujuh jam setiap harinya. Jangan terlalu sibuk dengan masalah hidup yang sedang kita alami, sehingga kita lupa untuk menyisihkan waktu tidur yang cuku. Resiko dari kurangnya tidur antara lain menurunnya tingkat konsentrasi, suasana hati menjadi buruk, dan masih banyak yang lainnya.

Pasti semua orang sudah mengetahui bahwa kesehatan itu memang sangat penting. Kita perlu menjaga kesehatan kita semaksimal mungkin, seperti berolahraga, makan makanan yang sehat, dan memiliki waktu tidur yang cukup. Jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai kesehatan, kalian bisa banget mengunjungi situs halodoc.com. Di sana banyak banget ilmu baru yang bisa kita dapatkan mengenai kesehatan. Saya pribadi suka membaca artikel-artikel di sana saat waktu saya senggang, karena saya menyadari bahwa harta paling berharga dalam diri kita adalah kesehatan. Oh iya mengenai info kesehatan mental di sana juga ada loh, bisa dong buat menambah pengetahuan kita.

Kalian juga bisa banget loh menambahkan informasi maupun pengalaman pribadi di kolom komentar, karena tidak ada salahnya kita berbagi ilmu. Sudah dulu ya, jangan lupa jaga kesehatan dan selalu bahagia. :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tips Menjaga Kesehatan Mental"

Posting Komentar