Penyebab Kepala Bayi Peyang atau Datar




Baby AE - Seperti yang kita semua ketahui bahwa tulang tengkorak bayi yang baru lahir itu sangat lunak bahkan juga fleksibel. Dalam hal ini bisa saja kepala bayi baru lahir berubah bentuknya ketika ada tekanan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, kepala bayi bagian belakang  maupun salah satu sisi kepala bayi yang seharusnya bulat bisa menjadi datar atau peyang.

Baca juga : Kebaikan Alami Minyak Zaitun untuk Kulit Bayi

Secara umum kepala bayi yang peyang dibayi menjadi 2 jenis yaitu plagiocephaly dan juga branchycephaly yang mana mempunyai arti masing-masing. Untuk plagiocephaly adalah kepala bayi peyang pada satu sisi yang bisa membuat kepala menjadi terlihat asimetris. Sedangkan branchycephaly kepala bayi yang peyang merupakan kepala bayi bagian belakang. Nah, Bunda sendiri tahu tidak apa yang bisa membuat kepala bayi menjadi peyang atau datar? Belum tahu ya?

Ini beberapa hal yang bisa menyebabkan kepala bayi menjadi peyang, antara lain :

*Otot leher tegang



Salah satu hal yang isa membuat kepala bayi menjadi peyang adalah otot leher yang terlalu tegang ataupun kaku. Saat otot leher tegang ini bisa membuat salah satu sisi kepala bayi akan lebih sering mendapatkan tekanan dibandingkan dengan sisi lainnya.

Baca juga : Bahaya Bayi Tidur Menggunakan Bantal

* Tidur dalam posisi telentang





Seperti yang Bunda ketahui bahwa tidur dalam posisi telentang memang merupakan posisi yang bisa dibilang aman untuk bayi. Akan tetapi kalau bayi tidur dalam poisisi yang sama selama berjam-jam, hal ini bisa membuat bagian belakang bayi menjadi peyang atau datar.

* Bayi lahir prematur


Baca juga : 3 Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

Kelahiran bayi prematur memang bisa mempengaruhi bentuk kepala bayi. Hal ini dikarenakan pada saat bayi lahir prematur tulang tengkoraknya biasanya lebih lunak. Selain itu, biasanya juga akan cenderung tidur pada salah satu sisi kepala saja. Dalam hal ini disebabkan oleh keterbatasannya untuk menggerakkan dan juga mengganti posisi kepala.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan kepala bayi menjadi peyang atau datar. Apa bayi Bunda ada yang mengalami hal ini? Bunda bisa share di kolom komentar ya ^^. Untuk cara mengatasi kepala bayi yang peyang atau datar akan saya bahas di artikel selanjutnya ya :D

All pictures by : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Kepala Bayi Peyang atau Datar"

Posting Komentar