Apa itu Skrining Genetika?





Baby AE - Bunda sudah tahu nggak apa itu skrining genetika? Mungkin istilah yang satu ini terdengar kurang familiar pada kaum awam. Akan tetapi buat yang tengah menjalani masa kehamilan mungkin mengenal isilah ini. Nah, buat yang belum tahu saya kasih tahu nih ya hihi. Jadi, skrining genetika merupakan upaya untuk mengidentifikasi penyakit yang belum tampak. Dalam hal ini dilakukan melalui tes.

Dengan begitu bisa mengetahui sejak dini penyakit yang diderita oleh seseorang. Eits, tidak hanya itu. Pada tes ini juga dicari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Ketika Bunda melakukan skrining genetika ini bisa dengan langsung mendeteksi kelainan, cacat atau bahkan juga kekurangan kromosom. Skiring genetika sendiri bisa dilakukan sebelum menikah maupun juga sebelum hamil.

Baca juga : Masalah Kulit yang Mungkin Muncul Setelah Melahirkan




Untuk skrining yang dilakukan sebelum proses menikah akan terlihat lebih jelas dalam mendeteksi penyakit apa yang memungkinkan bisa terjadi dan tidak lupa juga dicarikan solusinya. Nah, apabila skrining genetika ini dilakuakan sebelum proses kehamilan. Hal ini diharapkan untuk dapat mencari gen abnormal yang bisa menyebabkan penyakit tertentu pada bayi. Dengan begitu Bunda juga bisa mengetahui hal apa yang harus dihindari.

Baca juga : Manfaat Kontak Kulit Dengan Bayi Setelah Melahirkan

Dokter juga tidak mewajibkan semua pasangan untuk melakukan skrining genetika ini, yang dianjurkan untuk melakukan skrining genetika ini adalah pasangan yang mempunyai faktor risiko saja. Akan tetapi apabila ada pasangan yang ingin melakukan skrining genetika ini tentu saja boleh. Nah, untuk tempat melakukan skiring genetika ini biasanya dilakukan di laboratorium yang besar.



Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang mengharuskan pemeriksaan kromosom yang biasanya dilakukan di pusat pendidikan kesehatan yang mana bisa melakukan chromosomal analysis. Misalkan saja di RSUPN Cipto Mangunkusumo dan juga di  RSIA Harapan Kita yang berada di Jakarta. Di samping akan melakukan skrining genetika ini. Pasangan harus menyiapkan persiapan terlebih dahulu.

Mulai dari persiapan psikis, fisik, dan juga persiapan ekonomi. Hal ini bertujuan agar segala sesuatu saat melakukan skrining genetika ini lancar dan tidak ada hambatan. Hayo siapa nih yang ingin melakukan skrining genetika juga? Apa sudah ada yang pernah melakukan program ini? Bisa share pengalamannya di kolom komentar ya ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa itu Skrining Genetika? "

Posting Komentar