Supaya Pulen dan Empuk, Ini Dia Tips Penting dalam Memasak Nasi Merah!



sumber : irasistible.com
Baby AE - Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang banyak digunakan untuk program diet. Bagi Kamu yang ingin menikmati nasi merah yang pulen, Kamu bisa memasaknya sendiri di rumah dengan menggunakan rice cooker. Selain mudah, memasak menggunakan alat masak ini cukup dengan memencet tombol power dan Kamu bisa mengerjakan pekerjaan lain sambil menunggu nasi masak.

Memasak Nasi Merah dengan Rice Cooker


sumber : qupas.co.id
Beras merah merupakan jenis beras berwarna merah yang mengandung lebih banyak serat dibandingkan dengan beras putih. Beras jenis ini lebih susah dicerna, sehingga dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, ternyata banyak manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi beras merah, terutama masalah pencernaan.
Agar beras merah yang dimasak menjadi pulen dan empuk, diperlukan teknik memasak yang berbeda dibandingkan dengan memasak beras putih. Pemasakan beras merah merah akan membuat nasi lebih pulen. Sedangkan jika Kamu salah dalam teknik memasaknya, nasi merah akan menjadi lebih kering dan keras.
Bagi Kamu yang ingin menikmati nasi merah, Kamu bisa memasaknya sendiri di rumah. Pemasakan bisa Kamu lakukan menggunakan cara tradisional maupun menggunakan rice cooker. Untuk Kamu yang ingin mencoba memasak beras merah dengan rice cooker, berikut cara yang bisa Kamu lakukan.
1.      Bersihkan Beras Merah

Sama seperti memasak beras putih, memasak beras merah harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini untuk mengurangi kotoran pada beras yang menempel. Berbeda dengan beras putih, untuk membersihkan beras merah, Kamu cukup mencuci beras merah dengan air mengalir sebanyak 3 hingga 4 kali bilasan air saja. Hal ini untuk mencegah terbuangnya kulit ari beras terlalu banyak yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.


2.      Rendam Beras Merah


Perbedaan memasak dengan beras putih dan beras merah adalah dengan merendam beras merah sebelum memasaknya. Hal ini karena tekstur yang dihasilkan setelah pemasakan berbeda. Jika beras merah tidak direndam terlebih dahulu sebelum dimasak akan berisiko membuat nasi merah lebih keras. Sehingga, perendaman beras merah dimaksudkan untuk membuat beras lebih empuk dan pulen setelah dimasak. Kamu bisa merendam beras merah selama 30 menit sebelum beras dimasak.

3.      Menakar Air



Hal kedua yang berbeda cara pemasakan beras merah dan beras putih terletak pada takaran air saat pemasakan beras. Jika beras putih bisa dimasak menggunakan takar 1 : 1, beras merah membutuhkan takaran air lebih banyak. Hal ini untuk mengantisipasi nasi merah yang dihasilkan tidak kering, tidak keras, dan lebih pulen jika ditambahkan dengan air. Kamu bisa memberikan takaran air pada beras merah sebanyak 4 :1, dimana 4 gelas air dimasukkan pada 1 gelas beras merah.

4.      Masak dengan Rice Cooker


sumber : wikihow.com

Cara termudah dalam memasak beras merah adalah dengan menggunakan rice cooker. Kamu bisa memasukkan langsung beras merah dan air pada wadah yang sudah ada. Setelah itu, masukkan ke dalam rice cooker dan jangan lupa untuk memencet tombol memasak.

Tunggu hingga beras merah matang, Kamu bisa menambahkan sedikit garam untuk menambah cita rasa nasi agar lebih gurih. Selain itu, agar nasi menjadi lebih pulen, Kamu juga harus menambah durasi masak nasi. Semakin lama durasi memasak beras merah, maka nasi yang dihasilkan akan menjadi semakin pulen.
Nah, itulah cara mudah memasak nasi merah agar pulen. Dengan menggunakan rice cooker akan mempermudah Kamu untuk bisa menikmati nasi merah yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh maupun program diet. Semoga informasi di atas bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Supaya Pulen dan Empuk, Ini Dia Tips Penting dalam Memasak Nasi Merah! "

  1. Sangat berguna tips nya Mbak. Memasak beras merah memang perlu teknik tersendiri ya, biar hasilnya pulen. Dan salah satu kuncinya pada perbandingan ukuran air yang sangat beda dengan memasak beras putih biasa :)

    BalasHapus