Solusi Mengatasi Badan Bengkak Setelah Melahirkan






Baby AE - Halo Bunda. Saya mau tanya nih, Pernah gak sih merasa kalau tubuh Bunda bengkak ketika hamil maupun usai melahirkan? Pasti semua Bunda pernah merasakannya kan hehe. Sudah menjadi hal umum Bun jika tubuh seorang wanita akan membengkak ketika hamil maupun usai melahirkan, tapi pasti banyak deh yang belum tahu bagaimana cara mengatasinya. Banyak orang yang menganggap hal tersebut sepeleh dan membiarkannya begitu saja, tapi juga banyak loh Bun yang kebingungan untuk mengatasi hal tersebut. Iya sih memang sulit banget untuk kembali ke ukuran normal sebelumnya, eits jangan terburu-buru dulu untuk membeli sebuah produk pelangsing Bun. Sebaiknya Bunda coba dulu deh beberapa cara alami dan praktis berikut ini, untuk membantu Bunda mengempiskan bengkak tersebut.

Baca Juga : Kebaikan Alami Minyak Zaitun untuk Kulit Bayi


1. Olahraga Secara Rutin



Olahraga itu memang sangat penting, terserah Bunda mau melakukan olahraga apa pun. Karena semua jenis olahraga itu baik, jika sungguh-sungguh dan benar dalam melakukannya. Ketika berolahraga Bunda pasti akan mengeluarkan keringat, itu artinya kelebihan cairan dalam tubuh akan berkurang atau bahkan menjadi normal kembali.
Dengan olahraga juga dapat membantu jantung bekerja lebih baik lagi, sehingga sirkulasi darah yang dipompa akan lebih lancar ke seluruh tubuh. Namun, ada baiknya jika Bunda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai olahraga apa yang boleh dilakukan setelah melahirkan.


2. Makan makanan yang sehat



Tidak hanya penting dilakukan semasa hamil, mengatur makanan juga penting loh Bun dilakukan usai melahirkan. Pola makan yang tepat juga dapat membantu Bunda menghilangkan kandungan air yang berlebih pada tubuh setelah melahirkan.
Makanlah makanan yang kaya akan protein dan karbohidrat, serta serat dari sayur dan buah segar. Tetap harus diingat ya Bun, makanan olahan atau makanan cepat saji harus dihindari karena akan memicu pembengkakan yang semakin parah.



3. Banyak mengonsumsi air putih



Banyak yang membuktikan bahwa minum 2 liter air putih per hari dapat membakar kurang lebih 95 kalori. Meminum banyak air putih juga sangat baik untuk kesehatan ginjal dan hati, yang akan mengurangi pembengkakan usai melahirkan akibat berat badan yang berlebih.


4. Angkat kaki saat berbaring



Pasti Bunda akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbaring kan setelah melahirkan. Nah, ketika sedang berbaring angkatlah kedua kaki hingga posisinya lebih tinggi dari pinggul, hal tersebut dilakukan untuk membantu Bunda mengempiskan pembengkakan. Lakukan hal tersebut minimal 30 menit, Bunda juga bisa menyandarkan kaki di tembok loh kemudian sangga pinggul dengan bantal yang empuk.


5. Menggunakan sepatu yang nyaman



Pilihlah sepatu yang paling nyaman untuk dikenakan ketika bepergian, hindari juga pemakaian sepatu hak tinggi ketika sedang masa pemulihan usai melahirkan. Gunakan juga pakaian yang longgar agar sirkulasi darah tidak terhambat dan tidak menekan badan khususnya daerah pergelangan kaki dan pergelangan tangan.


6. Memijat badan



Memijat badan dengan lembut dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi cairan yang berlebih. Bunda dapat memijat kaki dengan lembut mulai dari bawah hingga atas, gunakan minyak pijat seperti minyak zaitun. Sebaiknya hindari penggunaan minyak esensi aroma terapi.

Silahkan dicoba, dan semoga bermanfaat. kalian bisa banget loh berbagi cerita dan tips yang kalian punya di kolom komentar, agar bisa saling berbagi pengalaman sekaligus informasi. :)


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Solusi Mengatasi Badan Bengkak Setelah Melahirkan"

  1. Minum air putih paling mudah dan murah, juga menyehatkan. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh Allah aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget tuh Mbak makanya harus minum air yang banyak hihi. Aamiin Mbak :)

      Hapus