Masalah Kulit yang Mungkin Muncul Setelah Melahirkan





Baby AE - Usai melahirkan, mungkin Bunda akan mengalami beberapa kondisi yang muncul pada tubuh Bunda bahkan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Pastinya yang paling mengganggu adalah masalah kulit ya, Bun. Hal itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya faktor psikologis dan fisik.
Namun, tenang saja Bun tidak perlu khawatir karena masalah ini biasanya hanya bersifat sementara dan besar kemungkinan akan hilang seiring berjalannya waktu.
Berikut berbagai masalah kulit yang muncul setelah melahirkan:


1. Mata Panda


Setiap Bunda pasti akan merasakan lelahnya mengurus bayi. Tanpa harus dituntut pasti semua Bunda akan menjaga bayinya setiap waktu, menyusui bayi sewaktu-waktu atau bahkan bayi menangis di tengah malam karena tidak bisa tidur.

Nah, Bun. Kurang tidur dan kelelahan tersebutlah yang akan menyebabkan salah satu masalah kulit yaitu kantong hitam di bawah mata yang biasa disebut orang dengan “mata panda”. Sebenarnya masalah ini memang umum dan sering dialami banyak orang meskipun dia tidak sedang merawat bayi.

Meskipun masalah kulit tersebut terbilang tidak berbahaya, kehadiran mata panda pasti akan membuat tidak percaya diri karena tentu saja penampilan Bunda akan terganggu karena membuat raut wajah terlihat lesu.

2. Jerawat




Perubahan hormon setelah melahirkan pasti akan menyebabkan beberapa masalah kulit, salah satunya adalah muncul jerawat. Tingginya hormon progesterone dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat pada tubuh Bunda, terutama saat hamil. Banyak Bunda yang mengeluh jika jerawatnya semakin parah ketika sudah melahirkan.

Namun, juga banyak dari para Bunda yang menganggap enteng dan beranggapan bahwa masalah kulit tersebut dapat hilang dengan sendirinya.

3. Melasma


Melasma merupakan sebuah kondisi yang mengakibatkan adanya bercak abu-abu atau cokelat pada kulit, khususnya kulit wajah. Masalah tersebut umumnya terjadi pada Bunda yang sedang hamil yang disebabkan oleh perubahan hormon progesteron dan hormon estrogen selama kehamilan.

Namun, tenang saja Bun. Masalah kulit ini biasanya hilang setelah proses melahirkan. Jika tetap saja masalah itu masih ada, kemungkinan besar dikarenakan terlalu sering terpapar matahari dan bisa juga akibat mekonsumsi pil KB.

4. Stretch mark


Nah, kalau masalah kulit yang satu ini paling umum muncul setelah melahirkan, Bun. Guratan berwarna pink ini biasanya akan muncul di daerah perut, payudara, dan paha.

Perut Bunda pasti akan membesar dan melebar pada saat hamil seiring dengan perkembangan janin. Seusai melahirkan, pasti perut akan kembali ke ukuran yang lebih kecil dan meninggalkan stretch mark pada bagian-bagian yang membesar tadi.

Tidak perlu khawatir ya, Bun. Karena masalah tersebut sudah umum terjadi dan dapat di atasi dengan perawatan-perawatan alami.

Nah, bagaimana Bun. Masih takut dengan masalah-masalah kulit tersebut atau sudah sedikit tenang? Lebih baik tenang saja Bun kan semua pasti ada solusinya, atau Bunda memiliki pengalaman-pengalaman mengenai masalah kulit setelah melahirkan. Ayo berbagi cerita dong Bun, silahkan ditulis di kolom komentar ya. Semoga bisa berbagi pengalaman dan bisa bermanfaat buat orang lain.

 



Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Masalah Kulit yang Mungkin Muncul Setelah Melahirkan"