Manfaat Kontak Kulit Dengan Bayi Setelah Melahirkan




Baby AE - Pasti Bunda akan merasa lelah setelah melahirkan. Namun, sebaiknya jangan langsung beristirahat terlebih dahulu, karena tugas Bunda belum selesai ya. Setelah melahirkan Bunda harus tetap memiliki energi untuk melakukan kontak kulit dengan si kecil. Meskipun terlihat sederhana, namun memiliki banyak manfaat yang sangat penting lho bagi bayi. Maka Bunda jangan sampai melewatkan momen ini ya.


Sebenarnya cukup sederhana cara untuk melakukan kontak kulit antara Bunda dan bayi setelah proses persalinan. Bunda bisa melakukannya tepat setelah proses persalinan selesai dengan cara bayi ditempatkan di atas dada Bunda. Pada saat itu juga perawat akan mengeringkan bayi dan menutupinya dengan selimut hangat. Hal ini bertujuan agar si kecil berusaha mengenali diri Bundanya.

Bunda tahu nggak nih bahwa melakukan kontak kulit ini ternyata mempunyai banyak manfaat lho. Berikut ini beberapa manfaat kontak kulit dengan bayi setelah melahirkan :

 1. Memberikan ketenangan pada bayi





Ketika bayi diletakkan di atas dada Bundanya, bayi akan merasakan napas dan detak jantung Bundanya seperti halnya saat di dalam kandungan. Hal tersebut tentu akan membuat bayi merasa lebih tenang. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu bayi agar memiliki detak jantung dan napas yang normal. Bayi akan lebih jarang menangis setelah tangisan awal ketika baru lahir. Hal ini dikarenakan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan dari momen tersebut.

2. Memberikan bayi kehangatan dan membantu mengontrol suhu tubuhnya





Suhu lingkungan pastinya berbeda dengan suhu di dalam kandungan ya, Bun. Bayi pasti juga akan merasakan hal tersebut. Sehingga, supaya bayi tidak terlalu terkejut akan perbedaan suhu ada baiknya jika bayi diletakkan di atas dada Bundanya. Mengapa begitu? Karena kulit Bunda memiliki suhu yang sama seperti rahim. Selain untuk menjaga bayi agar tidak kedinginan, dengan cara ini bayi juga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

3. Mendukung berhasilnya pemberian ASI



Perlu diketahui ya, Bun. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bayi yang melakukan kontak kulit dengan Bundanya setelah proses persalinan akan memiliki kemampuan menyusu yang lebih baik. Maka dari itu jangan sampai tidak melakukan kontak kulit dengan bayi ya, Bun.

4. Membangunkan ikatan antara bayi dengan Bundanya




Salah satu cara agar bayi segera mengenali Bundanya adalah dengan cara melakukan kontak kulit setelah proses persalinan. Hal tersebut pasti akan memberikan waktu untuk bayi dan Bundanya menjalin ikatan yang lebih erat dengan cara mendengarkan napas dan detak jantung Bundanya.

Nah, itu beberapa manfaat ketika Bunda melakukan kontak kulit dengan si kecil ketika setelah melakukan persalinan. Hayo Bunda dulu sudah melakukan kontak kulit dengan si kecil apa belum nih pasca melahirkan? Hehe. Bunda bisa share pengalaman Bunda di kolom komentar ya ^^



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Kontak Kulit Dengan Bayi Setelah Melahirkan "

Posting Komentar