Tips Merawat Organ Intim Perempuan




Baby AE - Merawat organ bayi si kecil itu memang sangat penting banget nih Bunda. Nah, pada pembahasan kemarin sudah saya bahas mengenai cara merawat organ intim bayi laki-laki dan sekarang akan saya bahas bagaimana cara merawat organ intim bayi perempuan. Untuk merawatnya sendiri Bunda bisa melakukan dengan cara mebersihkan organ si kecil dari depan ke belakang atau yang biasanya disebut dari arah vagina ke arah anus. 



Hal itu dilakukan guna untuk mencegah kotoran atau bakteri bisa berpindah ke vagina. Memang pada dasarnya vagina si kecil ini mempunyai kemampuam untuk membersihkan organnya sendiri. Akan tetapi Bunda bisa lebih membersihkannya sendiri. Nah, misalkan saja nih ada beberapa kotoran atau bakteri yang masuk ke bibir vaginanya Bunda bisa membersihkannya dengan cara di bawah ini :

* Sebelum membersihkan area organ intim bayi yang pertama Bunda lakukan adalah dengan cuci tangan terlebih dahulu




* Setelah tangan Bunda bersih, kemudian buka bibir vagina bayi dan lakukan dengan hati-hati

* Bunda bisa membersihkannya dengan mengusapkan kain yang lembut, bersih. Jangan lipa basahi kain tersebut dengan air terlebih dahulu. Kemudaian bersihkan di sepanjang lipatan organ intim bayi. Lakukan cara ini dengan perlahan dan juga hati-hati.

* Bersihkan area bibir vagina hingga benar-benar bersih dan juga tidak ada kotoran yang tersisa.


Satu hal lagi nih yang perlu Bunda ketahui, apalagi buat yang baru mempunyai anak pertama. Pasti belum tahu kan hihi. Nah, jadi ketika beberapa minggu pertama si kecil baru saja lahir area vagina si kecil akan terihat berwarna merah, membenggkak, mengeluarkan cairan putih bahkan juga disertai dengan darah. Tapi Bunda tidak perlu khawatir. 


Karena hal tersebut merupakan salah satu hal yang wajar dan normal jika terjadi. Ini diakibatkan oleh pengaruh hormon Bunda yang ada pada si kecil saat ia masih berada di dalam kandungan. Bunda tenang saja kondisi ini akan hilang dalam beberapa minggu. Bunda jangan lupa selalu membersihkan organ intim bayi  ketika popok bayi basah atau saat ia buang air besar. Bunda harus tanggap agar kulit bayi tetap kering, bersih dan juga terhindar dari ruam popok.

All pictures by : Google

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Organ Intim Perempuan"

Posting Komentar