Manfaat Ibu Hamil Mendengarkan Musik




Baby AE - Memang sudah banyak yang bilang bahwa mendengarkan musik pada ibu hamil itu mempunyai banyak manfaat. Bahkan tidak hanya itu, ada juga yang menganggap bahwa dengan mendengarkan musik bisa membuat janin yang ada di dalam perut menjadi pintar. Tanggapan ini memang tidak salah. 


Akan tetapi hingga saat ini masih belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa ibu hamil yang mendengarkan musik bisa menjadikan janinnya lebih pintar. Namun, meskipun begitu. Ibu hamil akan merasa lebih rileks jika mendengarkan musik. Musik sendiri merupakan salah satu stimulus yang signifikan pada kehamilan. Hal ini dikarenakan kemungkinan disebabkan tingkat estrogen yang tinggi. 


Hormon tersebut bisa mempengaruhi otak dan bisa membuat rasa senang ketika mendengarkan musik. Ada juga peneliti lain yang mengungkapkan bahwa musik sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Dengan mendengarkan musik, ibu hamil akan merasa dirinya rileks dan juga membuat mudah tertidur. Kondisi inilah yang baik untuk perkembangan dan juga kondisi janin yang ada di perutnya. 




Namun, ada satu catatan nih buat ibu hamil yang mendengarkan musik. Jangan sampai melakukan hal ini secara berlebihan ya. Berlebihan? Maksudnya bagaimana nih? Bingung ya? Hihi. Jadi, maksud dari berlebihan di sini adalah jangan sampai mengarahkan smartphone ke perut Bunda. Kan sudah tidak jarang tuh bahkan sudah sering ditemui bahwa ada ibu hamil yang menempelkan smartphone yang sedang diputarkan musik ke perutnya. 



Dengan menempelkan smartphone ke perut ini ternyata bisa menstimulasi janin yang ada di dalam perut secara berlebihan. Apalagi jika volume musik tersebut tinggi. Maka dari itu untuk Bunda yang sedang hamil, Bunda bisa mendengarkan musik cukup dengan menghidupkan musik di pemutar musik saja. Untuk volume yang disarankan untuk didengarkan oleh janin adalah sekiat 50 sampai dengan 60 desibel saja. 

Bahkan ada yang bilang tidak boleh melewati 65 desibel. Hal ini dikarenakan suara yang berisik jika didengarkan oleh janin bisa membuat kelahiran menjadi premature, pendengaran dapat terganggu (ketika bayi sudah lahir) dan bahkan juga bisa membuat berat badan bayi rendah. Bagaimana Bunda yang sedang hamil? Mau mendengarkan musik juga? Lakukan dengan bijak ya Bunda :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Ibu Hamil Mendengarkan Musik"

Posting Komentar