Bahaya Bayi Tidur Menggunakan Bantal






Baby AE - Tidur memang merupakan salah satu kegiatan yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi kalau tidrunya menggunakan bantal yang nyaman dan bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Akan tetapi hal ini tidak berlaku untuk bayi yang baru lahir. Mungkin Bunda banyak nih ya yang sudah menyiapkan bantal untuk si kecilnya kalau ia lahir. 

Tahu nggak ternyata bantal juga bisa menyebabkan kesehatan tubuh si kecil terganggu. Bahkan juga bisa membahayakan nyawanya. Bayi yang menggunakan bantal pada usia di bawah umur 1 tahun hal ini bisa menyebabkan sindrom kematian mendadak pada bayi atau SIDS. Lho kok bisa? Hal ini dikarenakan dengan menggunakan bantal bisa menutupi hidung dan juga mulut bayi saat ia tertidur. 


Dengan begitu bisa menyebabkan si kecil kesulitan untuk bernapas. Selain bisa menyebabkan sindrom kematian mendadak pada bayi. Menggunakan bantal pada si kecil juga ada beberapa bahaya, antara lain :

* Membuat tersedak


Bantal bisa membuat tersedak? Pasti Bunda bingung nih ya hihi. Jadi, maksud dari membuat si kecil tersedak adalah ketika isi dari bantal tersebut keluar. Meskipun isi bantak yang keluar ini tidak banyak. Namun, masih berpotensi masuk ke dalam hidung dan juga mulut si kecil. Hal inilah yang bisa membuatnya tersedak.

* Mengunci posisi kepala si kecil







Si kecil memang masih belum memiliki tenaga yang besar. Ia bahkan masih belum bisa untuk merubah posisi kepalanya sendiri. Berbeda dengan orang dewasa. Maka dari itu jika ia tidur menggunakan bantal hal ini bisa menyebabkan kepala bayi tertutup bantal dan juga rentan si kecil mengalami kepanasan.

* Tersedak muntahan atau gumohnya sendiri



Terlebih lagi jika si kecil diberikan bantal berbentuk huruf U, ia akan kesulitan membalik dan juga memutar kepalanya ke sisi lain jika ia sedang muntah atau gumoh. Hal inilah yang bisa membuat si kecil tersedak muntahannya sendiri. Kasihan banget kan. Iya kalau waktu itu ada orangtuanya. Kalau saat ia ditinggal keluar sebentar atau ditinggal membuatkan susu bagaimana hmm.

Nah, itu beberapa bahaya yang terjadi ketika bayi di bawah 1 tahun diberikan bantal. Bunda bisa menggunakan bantal untuk si kecil yang sudah berusia 1 tahun ke atas. Kalau si kecilnya Bunda sekarang umur berapa nih? Sudah tidur menggunakan bantal apa belum nih?

All pictures by : Google


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahaya Bayi Tidur Menggunakan Bantal"

Posting Komentar