Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi




Baby AE - Mata memang merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh yang membuat kita bisa melihat sesuatu. Begitu pun dengan bayi. Akan tetapi, ada beberapa macam penyakit sakit mata yang biasanya dialami si kecil. Bunda harus tahu nih penyakit mata apa saja yang biasanya terjadi pada si kecil dan bagaimana cara mengobatinya. Apa saja sih jenis penyakit mata yang biasanya terjadi pada bayi? Ada 3 jenis penyakit mata yang sering dialami oleh bayi :


1. Saluran air mata mengalami menyumbatan

bayi sakit mata 

Saluran air mata yang tersumbat ini merupakan salah satu kondisi yang terjadi karena saluran air mata bayi belum berkembang dengan sempurna. Sumbatan saluran air mata ini biasanya ditandai dengan mata yang berair dan juga belekan. Memang penyakit mata yang satu ini tidak terlalu berbahaya. Akan tetapi kalau dibiarkan bisa menjadi infeksi. 

Untuk mengobati si kecil yang saluran matanya mengalami penyumbatan bisa dilakukan dengan cara mengompres kedua sudut mata menggunakan air hangat. Kemudian lakukan pijatan lembut pada kedua sisi batang hidung. Lakukan dengan menekan lembut arah ke bawah menuju cuping hidung. Bunda bisa melakukan ini 5 sampai 10 kali sehari.


2. Mata merah

mata bayi merah



Penyakit mata lainnya yang umum terjadi adalah mata merah. Mata merah atau yang biasanya disebut dengan konjungtivitis ini terjadi karena konjungtivita mengalami peradangan akibat reaksi alergi, iritasi, infeksi bakteri. Penyakit yang satu ini biasanya dialami si kecil dengan diawali rasa gatal pada mata dan juga pembengkakan di salah satu bahkan kedua kelopak mata bayi. 

Penyebab mata merah pada bayi juga sangat banyak. Nah, kalau mata merah disebabkan oleh iritasi karena terkena paparan debu Bunda bisa membersihkannnya dengan mengompres hangat kelopak mata bayi. Akan tetapi jika mata merah ini disebabkan oleh alergi ataupun infeksi bakteri lebih baik si kecil di bawa ke dokter saja.

3. Mata juling

mata juling


Mata juling merupakan kondisi mata yang mana bola mata tidak selaras. Pada umumnya mata juling yang terjadi pada bayi usia 0 sampai dengan 6 bulan adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan lipatan pada sudut mata atau tulang hidung bayi masih belum sempurna. Sehingga jika si kecil melihat suatu benda bisa menjadikan gerakan bola matanya terlihat tidak selaras. Kondisi ini juga akan menghilang dengan sendirinya ketika bayi sudah bertambah usianya. 

Akan tetapi jika ternyata mata juling ini tetap ada, kemungkinan besar bayi mengalami gangguan pada otot penggerak bola mata. Nah, kalau si kecil memang mengalami gangguan pada otot penggerak ada 2 cara yang bisa digunakan yaitu terapi khusus atau operasi. Operasi sendiri merupakan jalan terakhir pada penyakit ini. Akan tetapi biasanya operasi ini akan dilakukan jika anak sudah berusia 6 tahun.

Meskipun sakit mata pada bayi terlihat sangat sepele. Namun, Bunda harus tetap waspada ya. Jika Bunda masih khawatir periksakan bayi ke dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi"

Posting Komentar