Penyebab Penyakit Bayi Kuning




Baby AE - Sepasang suami istri, terlebih lagi yang baru menikah pasti menginginkan hadirnya si buah hati. Iya nggak nih? Hehe. Namun, biasanya saat sudah melakukan proses melahirkan mungkin Bunda terkejut dengan si kecil yang kulitnya berwarna kuning. Bunda tahu tidak bahwa itu adalah penyakit bayi kuning. Penyakit bayi kuning sendiri merupakan keadaaan atau kondisi si kecil yang mana kulitnya berubah menjadi warna kuning. 


Tidak hanya itu, warna mata si kecil juga akan terlihat memutih. Kondisi ini disebabkan oleh tingkat bilirubin yang ada di dalam darah bayi yang tinggi. Nah, Bunda tahu tidak apa itu Bilirubin? Bilirubin sendiri adalah substansi kuning yang ada karena diprosuksi tubuh ketika saat menggantikan sel darah merah. Bunda tidak perlu khawatir kalau si kecil yang baru lahir berwana kuning. Hal ini memang hal yang wajar terjadi pada bayi yang baru lahir. 


Namun, biasanya warna kulit yang kuning ini akan berkurang dengan sendirinya. Untuk waktu yang biasanya digunakan dalam proses menghilangnya warna kulit kuning ini adalah sekitar 1 sampai dengan 2 minggu setelah lahir. Penyakit bayi kuning sendiri awalnya berawal dari wajah si kecil yang kemudian merambat ke bagian dada, perut hingga ke bagian tangan dan juga kaki si kecil. 


Kondisi bayi kuning ini akan sulit dideteksi jika si kecil mempunyai warna kulit yang gelap. Nah, kalau dokter menganggap bayi Bunda mengalami penyakit bayi kuning yang bisa dilakukan adalah melakukan tes darah. Lho kok dengan tes darah? Iya, hal ini dikarenakan untuk bisa mengetahui tingkat bilirubin yang ada di dalam tubuh bayi dan itu hanya bisa dilakukan dengan melalui tes darah. 




Bunda tahu tidak apa yang menyebabkan si kecil bisa menglami kondisi bayi kuning? Belum tahu ya? Mau tahu tidak nih? Ini nih penyebab si kecil mengalami kondisi bayi kuning :


* Salah satu penyebab bayi kuning adalah adanya antibodi di tubuh Bunda yang kemudian menyerang sel darah merah si kecil.
* Si kecil yang lahir prematur. Hal ini dikarenakan livernya belum tumbuh dengan sempurna
* Karena terjadi kerusakan sel darah merah pada saat melakukan proses persalinan
* Terjadi innfeksi sistem urinasi atau darah

Nah, sekarang Bunda sudah tahu kan apa saja yang menyebabkan si kecil menjadi terkena penyakit bayi kuning. Apa di sini ada nih yang sudah melahirkan yang kemudian si kecilnya mengalami penyakit bayi kuning? Share ceritamu di kolom komentar ya ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Penyakit Bayi Kuning"

Posting Komentar